Umumnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar sayuran bisa tahan lama dan tidak busuk. Mulai dari cara pembekuan sayuran, pengeringan sayuran, penggaraman, pengasaman, hingga pengalengan sayuran. Namun jika cara-cara tersebut dirasa terlalu rumit, ada lho Moms cara menyimpan sayuran agar tak mudah busuk di dalam lemari es. Penasaran bagaimana caranya?

Ketahui Cara yang Benar, Ini Tips Menyimpan Sayuran Agar Tak Mudah Busuk
source: https://selerasa.com/

Sortir Sayuran Sebelum Disimpan

Meski Moms baru saja membeli sayuran, namun terkadang ada bagian sayuran yang sedikit menguning atau layu. Nah, sebelum menyimpannya dalam lemari es, Moms harus memilah-milah terlebih dahulu mana sayuran yang masih bagus dan mana sayuran yang sudah menguning. Jangan lupa membuang akar sayuran (seperti akar pada kangkung) untuk menjaga kualitas sayuran agar tetap fresh dan bersih.

Sortir Sayuran Sebelum Disimpan
source: https://resepkoki.id/
baca juga

Cuci Sayuran Sebelum Disimpan

Setelah disortis, Moms bisa mencuci sayuran terlebih dahulu sebelum disimpan. Bila perlu Moms boleh menggunakan sabun anti-bakteri untuk mencuci sayuran. Setelah proses pencucian selesai, Moms harus mengeringkan sayuran dengan cara diangin-anginkan dan mengelap sayuran sampai benar-benar kering baru kemudian disimpan kembali di dalam kulkas. Mengapa sayuran atau buah harus dicuci terlebih dahulu? Hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan bakteri yang dapat mempercepat proses pembusukan sayuran.

Cuci Sayuran Sebelum Disimpan
source: https://www.klikdokter.com/

Lapisi Sayuran dengan Kertas

Karena sayuran adalah bahan makanan yang mudah busuk, maka sebaiknya Moms melapisi tempat menyimpan sayuran dengan kertas. Karena kertas dapat mencegah suhu lembab dari kulkas untuk masuk ke dalam sayuran. Moms juga bisa kok menggunakan tisu dapur yang biasanya dipakai untuk menyerap minyak pada makanan yang digoreng.

Lapisi Sayuran dengan Kertas
source: https://beritabaik.id/
baca juga

Pisahkan Sayuran dengan Buah-buahan

Jika ingin sayuran yang Moms simpan tahan lebih lama, Moms harus memisahkan tempat menyimpan sayuran dan buah. Meskipun dalam ruangan dengan suhu rendah, buah tetap dapat memproduksi zat etilen yang akan mempercepat kematangan buah dan sayur sehingga proses pembusukan juga terjadi lebih cepat.

Pisahkan Sayuran dengan Buah-buahan
source: https://www.masakapahariini.com/

Simpan Sayur dalam Plastik Berlubang

Moms, sayuran tetap membutuhkan oksigen agar dapat bertahan dan tidak membusuk dalam jangka waktu lama. Jadi alangkah lebih baik jika Moms menyimpan sayur di dalam plastik bening seperti plastik pembungkus sayuran di supermarket. Lubangi plastiknya agar udara dingin dari kulkas dapat masuk ke dalam sayuran. Jangan disimpan dalam tepak plastik tertutup, ya.

Simpan Sayur dalam Plastik Berlubang
source: http://sukalaper.com/

Jangan Potong Sayuran yang akan Disimpan

Sayuran yang sudah dicuci dan dikeringkan, sebaiknya jangan dipotong ya, Moms. Mengapa? Karena sayuran yang sudah dipotong-potong lebih mudah kering dan membusuk dibanding sayuran yang disimpan dalam keadaan utuh. Jadi, memang sebaiknya Moms menyimpan sayuran yang masih utuh meskipun sudah dicuci sebelumnya.

Jangan Potong Sayuran yang akan Disimpan
source: https://akurat.co/

Sudah dicatatkah Moms cara menyimpan sayuran agar tak mudah busuk? Pastikan cara yang Moms lakukan benar, ya. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Moms.