Mengajarkan anak untuk merawat kulit sedari kecil adalah salah satu kebiasaan yang penting untuk moms ajarkan pada anak, apalagi jika moms memiliki anak perempuan. Salah satu hal mudah dan menyenangkan yang bisa moms lakukan bersama anak adalah membuat dan memakai masker wajah bersama. Hal ini selain mengajarkan anak untuk merawat diri juga akan membuat moms dan anak menjadi semakin dekat karena anak merasa penting dan dicintai hingga dilibatkan dalam kebiasaan moms sehari-hari.

7 Tips Aman Pakai Masker Wajah Bareng Anak, Biar Makin Akrab dengan Si Kecil Nih, Moms

Tips Masker Wajah untuk Anak

Kulit wajah anak masih sangat halus dan sensitif, itulah sebabnya moms harus memperhatikan betul bahan-bahan yang akan dipergunakan untuk membuat masker wajah anak. Sebaiknya pilih bahan alami seperti buah, madu, dan susu yang cenderung aman digunakan untuk kulit sensitif sekalipun. Simak juga tips-tips ini sebelum moms menyiapkan bahan pembuatan masker wajah untuk anak. 

Tips Masker Wajah untuk Anak
baca juga

Periksa Jenis Kulit Anak

Sebelum mengaplikasikan masker pada wajah anak, terlebih dulu moms harus tahu apakah masker tersebut cocok atau tidak dengan kulit anak. Itulah sebabnya, moms harus memeriksa dan mengenali kulit wajah anak, jangan sampai pemakaian masker justru menimbulkan masalah kulit seperti iritasi. 

Periksa Jenis Kulit Anak

Hindari Penggunaan Zat Kimia dan Pemutih

Kulit wajah anak sebenarnya belum terlalu memerlukan perawatan ekstra, jadi jangan sampai moms menambahkan zat kimia atau pemutih jika ingin memakaikan anak masker wajah. Jadikan momen membuat dan memakai masker sebagai salah satu bentuk quality time moms bersama anak. Menambahkan zat kimia dan pemutih pada masker anak akan sangat berisiko menimbulkan iritasi pada kulit anak yang masih sangat sensitif. 

Hindari Penggunaan Zat Kimia dan Pemutih
baca juga

Hindari Penggunakan Zat Asam Seperti Tomat dan Lemon

Tak hanya bahan kimia, zat yang terkandung dalam bahan alami seperti tomat dan lemon juga bisa menjadi tidak cocok jika diaplikasikan di wajah anak loh moms. Zat asam dalam tomat dan lemon bisa menimbulkan iritasi kulit seperti kemerahan dan sensasi terbakar. Jadi jika moms ingin membuat masker wajah untuk anak sebaiknya pilih bahan alami yang bersifat menenangkan dan menghidrasi kulit seperti mentimun atau lidah buaya.

Hindari Penggunakan Zat Asam Seperti Tomat dan Lemon

Jangan Gunakan Scrub Kasar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kulit wajah anak masih sangat sensitif dan lembut. Kulit wajah anak juga belum memerlukan perawatan berlebih karena masih dalam proses pertumbuhan, jadi beberapa prosedur perawatan wajah orang dewasa seperti eksfoliasi sepertinya belum terlalu dibutuhkan oleh anak. Jika moms tetap ingin memberikan eksfoliasi pada kulit anak, karena misalnya wajah anak kusam, pastikan untuk tidak menggunakan scrub yang kasar dan jangan terlalu keras dalam menggosoknya.

Jangan Gunakan Scrub Kasar

Perhatikan Waktu Penggunaan Masker

Perilaku anak masih sangat labil dan sulit ditebak. Bisa saja di awal pembuatan masker, anak moms sangat antusias dan bersemangat, tapi saat masker sudah diaplikasikan mungkin anak akan merasa kurang nyaman dan ingin segera menghapusnya. Oleh sebab itu moms sebaiknya memperhatikan durasi penggunaan masker, cukup gunakan masker wajah pada anak selama 10-15 menit. Jangan sampai anak malah jadi bosan dan akhirnya membenci kegiatan ini. 

Perhatikan Waktu Penggunaan Masker

Jangan Biarkan Anak Memakan Maskernya

Meskipun bahan-bahan pembuatan masker adalah bahan alami yang sebenarnya aman untuk dimakan, tapi usahakan untuk jangan memperbolehkan anak menjilat atau memakannnya. Beri pengertian pada anak, jika saat itu moms sedang tidak membuatkan makanan untuk perut anak, melainkan moms membuatkan makanan untuk kulit anak. Dan juga selalu awasi anak ketika sesi pemakaian masker agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jangan Biarkan Anak Memakan Maskernya