Manfaat kolang kaling dapat membantu Moms mencegah penuaan dini karena mengandung senyawa galactomannan yang dapat mencegah penuaan dini dan juga berguna untuk memperlancar sistem pencernaan, karena kolang-kaling mengandung serat pangan yang larut maupun tidak larut air. Serat tersebut dapat melancarkan pencernaan karena membantu mendorong pergerakan makanan di dalam usus.
 
Kandungan nutrisi kolang kaling pun cukup beragaram, setidaknya di dalam 100 gram kolang-kaling terdapat 243 mg fosfor, 6 gram karbohidrat, 91 mg kalsium, 0,4 gram protein, 0,2 gram lemak, 1,6 gram serat, 0,5 mg zat besi, dan kalori sebanyak 27 kkal. Kolang-kaling juga merupakan sumber vitamin B dan K serta mengandung banyak air yang baik bagi tubuh.
 
Setelah berpuasa seharian dan kehilangan banyak cairan tubuh, kolang kaling bisa menjadi menu andalan untuk membantu menghidrasi tubuh dan menyegarkan. Yuk Moms simak info olahan kolang kaling yang bisa menjadi refensi menu berbuka!

Manisan Kolang Kaling

Menu ini cukup terkenal dan banyak digemari berbagai kalangan. Manisan kolang-kaling sering disuguhkan pada saat lebaran atau pun saat berbuka. Manisan kolang-kaling ini sangat menggugah selera karena warna makanan ini sangat cantik yaitu merah terang dan ada juga yang berwarna hijau. Rasanya yang manis dan kenyal membuat manisan ini disukai orang tua maupun anak muda.

Manisan Kolang Kaling
baca juga

Kolak Pisang dan Kolang Kaling

Kolak pisang dicampur kolang-kaling adalah menu pas untuk disajikan saat bulan Ramadan ini. Kolak yang biasa dipadukan dengan ubi, pisang, singkong ini ternyata juga tak kalah enak jika ditambahi kolang kaling lho Moms. Kuah kolak yang dibuat dari santan dan dengan gula merah atau gula putih menjadikan kolak makanan enak yang digemari dan paling dicari terlebih saat bulan puasa.

Kolak Pisang dan Kolang Kaling

Es Kolang Kaling

Berbahan dasar agar merah, gula, kolang-kaling, sirup coco pandan, dan selasih, merupakan bahan membuat es kolang kaling. Moms dapat menyajikan es merah kaling-kaling untuk menu berbuka si kecil dan keluarga karena menu ini sehat dan tentunya digemari si kecil.

Es Kolang Kaling
baca juga

Setup Pisang Kolang Kaling

Kolang kaling juga dapat dibuat setup, Moms cukup memasak kolang-kaling dengan air, gula pasir, atau gula aren, kayu manis, dan cengkeh dan ditambah dengan pisang. Lalu Moms bisa menyajikannya dalam keadaan hangat atau dingin keduanya tetap tak merubah rasa. Menu ini bisa menyegarkan tenggorokan apalagi setelah berbelas jam menahan dahaga.
Setup Pisang Kolang Kaling