Sebagai chef keluarga tentu saja memotong sayuran bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Tapi ternyata beda sayur beda juga cara memotongnya lho moms. Teknik memotong sayur ini ini juga memiliki pengaruh terhadap tingkat kematangan sayur yang ingin dimasak.

4 Teknik Memotong Sayuran Ala Chef, Sudah Mahir Semua Moms?
source: https://www.culinaryschools.org/

Itulah mengapa saat menonton acara kompetisi memasak, mereka kerap kali mempermasalahkan teknik memotong sayur para pesertanya. Nah, supaya moms makin jago dalam mengemban tugas menjadi chef keluarga. Yuk, pelajari teknik memotong sayuran ala chef berikut ini.

Teknik julienne

Teknik ini adalah teknik memotong sayur yang populer untuk masakan sayur jenis tumis. Teknik julienne membuat sayur terpotong menyerupai bentuk korek api dengan panjang mencapai 3 cm dan lebar sangat tipis. Salah satu sayuran yang biasanya dipotong dengan teknik ini adalah wortel yang digunakan untuk masakan bakwan, atau weci.

4 Teknik Memotong Sayuran Ala Chef, Sudah Mahir Semua Moms?
source: http://www.griezunrive.lv
baca juga

Teknik allumette

Teknik memotong allumette juga sangat populer di kalangan chef. Potongan dengan style ini sebetulnya mirip dengan julienne hanya saja umumnya digunakan untuk memotong kentang yang digunakan dalam masakan French Fries. Allumette membuat sayur terpotong dengan bentuk panjang dengan lebar yang tak terlalu tipis. Teknik allumette juga sering disebut juga dengan potongan matchstick.

4 Teknik Memotong Sayuran Ala Chef, Sudah Mahir Semua Moms?
source: https://images.wisegeek.com

Teknik jardiniere

Memotong sayur dengan teknik jardiniere akan menghasilkan bentuk menyerupai balok panjang, dengan ukuran lebar dan tebal melebihi French Fries. Potongan jardiniere ini juga biasanya sering disebut sebagai potongan batonnet. Moms umumnya menemui jenis potongan ini pada chicken nugget berbentuk stick yang dijual di swalayan.

4 Teknik Memotong Sayuran Ala Chef, Sudah Mahir Semua Moms?
source: https://idntimes.com
baca juga

Teknik brunoise

Teknik memotong brunoise ini membuat sayuran memiliki bentuk kotak dengan ukuran sangat kecil. Umumnya teknik brunoise ini digunakan untuk sayuran yang digunakan sebagai garnish atau isian sebuah makanan seperti risoles, lumpia, sambosa, dan lain-lain. Sedangkan sayuran yang biasanya dipotong dengan model ini seperti wortel, kubis, labu, tomat bagian luar, atau paprika.  

4 Teknik Memotong Sayuran Ala Chef, Sudah Mahir Semua Moms?
source: https://www.epicurus.com

Gimana, dari keempat teknik di atas yang mana nih teknik yang moms paling jago?