1. Siapkan Menu Makan yang Sehat dan Bergizi

Wah, Ini Dia Rahasia Diet Setelah Melahirkan Tanpa Mengurangi ASI
source: https://www.rd.com/

Hal pertama yang harus Mommy perhatikan untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan tanpa mengganggu produksi ASI adalah dengan menyiapkan menu makan yang sehat dan bergizi. Memilih menu sangat penting agar produksi ASI menjadi lebih bergizi dan pemulihan tubuh pasca persalinan berjalan dengan lebih optimal.

2. Atur Jadwal Makan dengan Teratur

Wah, Ini Dia Rahasia Diet Setelah Melahirkan Tanpa Mengurangi ASI
source: https://www.babycenter.com/

Diet itu selalu harus mengurangi jumlah atau porsi makan. Yang terpenting adalah disiplin dalam mengatur jadwal makan. Pastikan Mommy memiliki jadwal makan yang baik, mulai dari sarapan, makan siang dan makan malam.

Jangan lupa untuk menyelipkan snack atau makanan ringan sehat seperti kacang-kacangan, susu, yogurt, dan keju-kejuan untuk dimakan pada sela-sela waktu makan besar. Namun, ingatlah untuk menyesuaikannya dengan kondisi si kecil. Jangan sampai Mommy mengonsumsi asupan yang ternyata menyebabkan alergi pada bayimu.

baca juga

3. Perbanyak Air Putih dan Hindari Kafein

Wah, Ini Dia Rahasia Diet Setelah Melahirkan Tanpa Mengurangi ASI
source: https://www.verywellfamily.com/

Air putih memiliki peran penting dalam menjaga kerja metabolisme tubuh. Hal ini bedampak langsung pada pembakaran energi dan produksi ASI sendiri. Jadi, jangan sepelekan asupan cairan tubuh setiap harinya, ya! Selain itu, hindari juga asupan kafein yang berisiko menurunkan produksi ASI. Mommy dapat menambah asupan cairan tubuh dari minuman berasa seperti jus atau sari buah.

4. Olahraga Rutin

Wah, Ini Dia Rahasia Diet Setelah Melahirkan Tanpa Mengurangi ASI
source: http://fitlife.tv/

Menjaga pola makan tidak akan berpengaruh besar Mommy tidak mengiringinya dengan olahraga yang teratur. Setelah melalui masa pemulihan pasca persalinan, mulailah untuk merencanakan jadwal olahraga rutin setiap harinya. Jika jalan pagi terasa sulit dilakukan, Mommy dapat mendaftarkan diri pada sanggar senam agar lebih terjadwal dengan latihan yang terstruktur.

baca juga

5. Sering Menyusui

Wah, Ini Dia Rahasia Diet Setelah Melahirkan Tanpa Mengurangi ASI
source: https://www.womenshealth.gov/

Memberikan ASI secara rutin dan teratur juga menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, saat menyusui seorang ibu dapat membakar sekitar 300-500 kalori setiap harinya. Jadi, jangan mengira menyusui akan membuat tubuh Mommy semakin lebar. Sebaliknya, menyusui secara eksklusif akan menambah produksi ASI dan mengurangi berat badan berlebih secara perlahan.