Memilih Dokter atau Bidan yang Terpercaya

Jika Moms ingin mengatasi rasa takut menghadapi persalinan, hal pertama yang dilakukan adalah memilih dokter kandungan atau bidan yang Moms percaya. Dengan percaya pada tenaga medis yang akan membantu Moms melahirkan kelak, pikiran Moms akan lebih tenang karena Moms tahu berada di tangan yang tepat.

Memilih Dokter atau Bidan yang Terpercaya
source: https://www.mooimom.id/

Relaksasi Ibu Hamil

Melakukan relaksasi merupakan hal yang penting untuk wanita hamil. Karena relaksasi dapat membantu mengatasi ketakutan dan kecemasan menjelang persalinan. Coba Moms pejamkan mata dan pikirkan situasi yang membuat Moms tenang. Sembari memikirkan dan memejamkan mata, Moms juga harus mengatur napas perlahan dan dalam. Atau Moms juga bisa mengikuti yoga untuk ibu hamil untuk menenangkan pikiran.

Relaksasi Ibu Hamil
source: https://www.prenagen.com/
baca juga

Memahami Rasa Sakit Saat Melahirkan

Memahami rasa sakit saat melahirkan artinya Moms mengerti bahwa rasa sakit saat melahirkan bukan rasa sakit yang muncul karena penyakit. Justru rasa sakit saat melahirkan itu dibutuhkan untuk mendorong bayi keluar dari perut Mommies. Justru jika tidak ada kontraksi, mungkin ada kelainan dalam kehamilan Mommies.

Mencari Dukungan

Atasi ketakutan menjelang persalinan Mommies dengan meminta dukungan pada orang-orang terdekat, suami dan orangtua misalnya. Jika Moms dikelilingi dengan orang-orang terdekat, Moms akan merasa lebih percaya diri. Coba ceritakan ketakutan Mommies pada mereka, agar Moms merasa lega. Dan jangan terlalu banyak mendengar cerita seputar melahirkan yang menyeramkan ya, Moms.

Mencari Dukungan
source: https://pencurigoogle.blogspot.com/

Nah Moms, itu tadi tips mengatasi rasa takut menghadapi persalinan. Moms sebenarnya tidak perlu takut kok. Rasa sakit ketika melahirkan normal ataupun caesar itu wajar, dan yang Moms rasakan saat melahirkan akan terganti dengan kebahagiaan yang tidak terkira setelah si kecil lahir kedunia. Ketika Moms bisa menyentuh hidung kecilnya dan mencium tangan mungilnya, Moms akan lupa rasa sakit yang tadi dirasakan. Jadi jangan takut ya, Moms. Semangat!