Selain hal tersebut ada lagi hal yang harus moms pikirkan loh, yaitu bagaimana caranya supaya mudik kali ini juga tetap hemat. Adanya THR bukan berarti harus dihambur-hamburkan bukan? THR tersebut bisa digunakan seminim mungkin untuk kebutuhan lebaran dan sisanya bisa ditabung. Nah, ini dia tips hemat mudik lebaran yang bisa moms coba.

Pilih transportasi darat

Tak dipungkiri kalau kenaikan tiket pesawat yang gila-gilaan membuat masyarakat Indonesia lebih memilih mudik lebaran tahun ini dengan transportasi darat seperti kereta atau bus. Meski waktu yang ditempuh dengan jalur darat lebih panjang, tapi moms bisa menikmati pemandangan pegunungan hingga sawah yang jarang dinikmati saat di kota.

Ada baiknya moms memesan tiket mudik melalui aplikasi travel online, karena mereka memiliki banyak program diskon dan promo yang bisa menghemat budget mudik.

Udah Siap Pulang Kampung? Ini 5 Tips Hemat Mudik Saat Lebaran
source: https://www.northernvirginiamag.com

Bawa bekal sendiri

Perjalanan darat yang panjang tentu saja akan membuat moms dan keluarga jadi lapar, nah untuk mengantisipasi hal ini sebaiknya moms mempersiapkan bekal sendiri dari rumah. Bekal tersebut bisa berupa roti, sandwich, bento, hingga snack yang cukup praktis untuk dibawa dalam perjalanan. Selain lebih hemat, bekal yang dibuat sendiri juga jauh lebih sehat, bukan?

Beli oleh-oleh secukupnya

Beli oleh-oleh sudah menjadi tradisi di Indonesia apabila bepergian ke luar kota atau sedang mudik. Ada baiknya moms tidak mudah kalap saat membeli oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman. Belilah oleh-oleh secukupnya saja, sesuai yang dibutuhkan oleh keluarga. Bisa berupa snack, bahan makanan, atau mungkin beberapa peralatan shalat untuk dipakai saat Idul Fitri nanti.  

Udah Siap Pulang Kampung? Ini 5 Tips Hemat Mudik Saat Lebaran
source: https://foodtolive.com
baca juga

Hemat bahan bakar

Moms berencana mudik memakai mobil pribadi? Saat berkendara usahakan selalu memperhatikan keamanan, jangan ngebut jika memang tidak perlu. Ini adalah upaya untuk menghemat bahan bakar. Hindari kebiasaan menunggu lama dalam mobil dalam kondisi menyala. Ini turut membantu supaya konsumsi bahan bakar bisa lebih efisien dan tidak boros.

Hindari jam macet

Salah satu hal yang dikhawatirkan ketika memutuskan untuk mudik lewat jalan darat adalah jalanan yang macet. Demi menghindari kemacetan arus mudik sebaiknya moms memilih jam perjalanan pagi hari, selepas subuh atau setelah shalat tarawih. Di waktu-waktu tersebut kondisi jalanan lebih sepi dibanding saat siang hingga sore hari.

Udah Siap Pulang Kampung? Ini 5 Tips Hemat Mudik Saat Lebaran
source: http://outchemy.com