Sebelum melakukan mudik, banyak hal dipersiapkan agar perjalanan bisa berjalan dengan nyaman. Namun biasanya ada hal yang terlewatkan untuk dipersiapkan yaitu makanan yang bisa atasi mual saat berada di dalam kendaraan. Kondisi tubuh yang tak menentu, macet perjalanan, atau pusing karena terlalu lama berada di dalam transportasi adalah hal utamanya.

Untuk menghindari terjadinya mual saat mudik, Moms bisa siapkan makanan untuk atasi mabuk perjalanan berikut ini:

Permen

Dengan menghisap dan mengunyah permen secara otomatis akan membantu Moms dan keluarga untuk meningkatkan produksi saliva atau air liur di dalam mulut. Saliva memiliki fungsi mengurangi bakteri di mulut serta mengendalikan sekresi asam lambung yang menyebabkan perut terasa mual. Moms bisa menyiapkan beberapa permen dengan rasa mint, jahe, atau sitrus dan hindari permen dengan rasa manis karena kandungan akan semakin memperparah rasa mual dan ingin muntah.

Permen
baca juga

Jahe

Jahe dikenal mampu membuat tubuh terasa hangat dan mampu mengatasi mual saat perjalanan. Meminum jahe sebelum melakukan mudik dapat membuat Moms dan keluarga terhindar dari mabuk perjalanan dan membuat tubuh menjadi hangat. Sehingga menimbulkan efek menenangkan dan mengurangi rasa tidak nyaman di perut.

Jahe

Lemon

Lemon merupakan salah satu buah yang bermanfaat dalam mengurangi perut mual dan perih saat maag. Siapkan 2 buah lemon yang sudah dibuang kulitnya lalu irisan lemon ditempatkan ke dalam wadah kedap udara dan isap lemon setiap Moms mulai merasa mual.

Lemon
baca juga

Apel Hijau

Sekresi asam lambung yang berlebihan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di perut dan membuat mual dan ingin muntah. Apel mengandung pektin yang dapat mengendalikan sekresi asam lambung. Sebaiknya, Moms dan keluarga mengonsumsi apel hijau sebelum memulai perjalanan mudik. Atau mengolah apel menjadi minuman segar seperti jus untuk diminum selama perjalanan mudik.

Apel Hijau

Air Putih

Air putih adalah hal terpenting yang berperan baik untuk tubuh. Kurangnya asupan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan perut kembung dan mual. Moms sangat disarankan untuk meminum air putih dengan cukup sebelum berpergian. Jadikan air putih sebagai bekal perjalanan dan minumlah air putih saat perut terasa mual, hal ini akan bantu cegah terjadinya mabuk perjalanan saat mudik.

Air Putih