Senada dengan pendapat Dosen Jurusan Gizi-Politeknik Kesehatan Jakarta II, Pritisia, SKM., MSc yang menyatakan jika 1/3 gizi pada bayi pada usia 6 bulan ke atas hanya dapat diperoleh dari makanan pendamping. Nah, hati ayam untuk MPASI bayi bisa jadi menu yang dapat diberikan para ibu untuk memenuhi kebutuhan protein anak. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi hati ayam sangat berlimpah dari vitamin A, D, E, B12, fosfor, zinc hingga zat besi yang bisa mendukung si Kecil tumbuh sehat. Bahkan vitamin A pada hati juga terhitung cukup tinggi untuk ukuran bahan makanan hewani.

Aturan Konsumsi dan Cara Mengolah Hati Ayam untuk MPASI Bayi

Manfaat Hati Ayam untuk Bayi

Dengan banyaknya nutrisi, maka manfaat hati ayam untuk bayi tentu tak perlu diragukan. Semisal, kandungan zat besi pada hati ayam berperan besar dalam tumbuh kembang anak, untuk pembentukan sel darah merah sehingga buah hati tidak mudah lemas. Selanjutnya vitamin A pada hati ayam baik untuk kesehatan mata sehingga organ mata tetap sehat.

Selain itu, kandungan vitamin zinc dapat berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan nafsu makan anak. sedangkan untuk kandungan fosfor berguna untuk menjaga kesehatan gigi, gusi, dan membatu penyerapan kalsium dalam tubuh anak.

Aturan Konsumsi dan Cara Mengolah Hati Ayam untuk MPASI Bayi

Cara Mengolah Hati Ayam untuk MPASI dan Aturan Konsumsinya

Jika tidak diolah dengan tepat, hati ayam akan amis, keras bahkan rasanya pahit. Berikut cara mengolah hati ayam yang tepat, Moms.  Pertama, hilangkan lendir, serat dan selaput tipis yang masih menempel karena inilah yang menyebabkan rasanya pahit. Cuci dengan air mengalir hingga bersih. Agar rasa pahit menghilang sempurna, Moms bisa merendamnya pada susu ataupun santan.

Yang kedua, untuk menghilangkan rasa amis, Moms bisa merebus hati ayam hingga setengah matang. Jangan terlalu lama karena nanti teksturnya akan mengeras.

Ketiga, moms bisa mengukus hati ayam dengan memberikan campuran rempah yang dapat menghilangkan rasa amisnya secara sempurna, seperti  daun salam, serai, jahe, ataupun  daun jeruk. Hal ini juga bertujuan agar teksturnya menjadi empuk. Nah, barulah Moms bisa menyajikan hati ayam bersama dengan MPASI.

Cara mengolah hati ayam untuk MPASI salah satunya dijadikan nasi tim. Bila ingin mengolah nasi tim ini bahan yang Moms butuhkan:

  • 25 gram labu siam
  • 1 genggam beras
  • 50 gram hati ayam (potong kecil-kecil)
  • 1 buah wortel (potong kecil-kecil) dan
  • 1 sdm minyak.
Cara membuatnya:
  1. Cuci beras sampai bersih.
  2. tambahkan juga labu siam, hati ayam yang sudah diolah dengan benar tadi, wortel, air dan minyak aduk sampai tercampur.
  3. Masak hingga nasi matang serta empuk seperti bubur.
  4. Berikan pada si kecil saat bubur mulai hangat ya Mom.


Nah, aturan konsumsi hati ayam untuk MPASI sendiri bila dihitung berdasar kebutuhan anak. Pada  bayi usia 6-11 bulan berdasar kebutuhan vitamin A, maka asupan hati ayam sekitar 900 gram untuk konsumsi 5 bulan ya Moms. Sedangkan untuk bayi lebih besar atau pada usia 12-59 bulan, kebutuhannya menjadi kurang lebih dua kali lipat yaitu dibutuhkan sekitar 1.8 kilogram hati ayam untuk makanan bayi selama 4-6 bulan.