Indonesia yang merupakan negara maritim kaya akan berbagai hidangan laut segar nan nikmat. Salah satu hidangan laut yang menjadi favorit adalah ikan kakap. Ikan kakap merupakan jenis ikan laut dasaran yang hidup secara berkelompok di dasar-dasar terumbu karang. Ikan ini memiliki bentuk tubuh bulat pipih dengan sirip memanjang sepanjang punggung.

Terdapat 2 jenis ikan kakap, yaitu kakap merah dan putih. Dalam kuliner Indonesia kakap merah lebih umum digunakan karena harganya yang lebih terjangkau, seluruh bagian tubuh kakap dapat dijadikan hidangan istimewa, mulai dari daging hingga kepalanya.

Ibu Hamil Makan Kepala Ikan Kakap? Ketahui Dulu Aturan dan Tips Mengolahnya

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kepala Ikan Kakap?

Kepala ikan kakap biasa dimasak menjadi gulai atau sup. Bagi ibu hamil hidangan ini akan terlihat sangat menggiurkan karena memberi sensasi rasa segar ketika memakannya. Tapi sebagian ibu hamil merasa khawatir karena beredar kabar bahwa konsumsi kepala ikan dapat membahayakan dirinya dan janin.

Kepala ikan diyakini mengandung racun Ciguatoksin, yaitu racun yang didapatkan dari mikroorganisme kecil yang menumpuk pada karang. Racun ini memang bisa terkandung pada ikan yang ada di bagian laut dengan perkembangan alga besar. Tapi ikan kakap dinilai cukup aman dikonsumsi termasuk bagi ibu hamil karena penangkapannya tidak sampai pada bagian karang tersebut. Justru konsumsi kepala ikan kakap dapat memberikan beberapa manfaat bagi ibu hamil.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kepala Ikan Kakap?
baca juga

Manfaat Kepala Ikan Kakap untuk Ibu Hamil

Kepala ikan kakap mengandung 4 zat gizi dan mineral penting yang bisa menjaga kesehatan ibu hamil dan mendukung tumbuh kembang janin. Dalam kepala ikan kakap terdapat vitamin A yang berperan untuk menjaga kesehatan mata, tulang, dan reproduksi sel yang sehat. Kepala ikan kakap juga merupakan sumber selenium yang tinggi. Selenium berperan penting dalam menangkal radikal bebas yang dapat merusak DNA janin sehingga menjadi penyebab janin cacat. Selenium juga penting dalam mengatasi efek penyakit berbahaya seperti gangguan jantung selama hamil.

Selain itu, kepala ikan kakap juga merupakan sumber kalium dan omega 3 yang berperan penting dalam menjaga kesehatan ibu hamil seperti menjaga energi, tekanan darah, mengatasi masalah ginjal, menurunkan risiko gangguan jantung, mengatasi masalah pada pembuluh darah serta menjaga tumbuh kembang janin tetap optimal.

Manfaat Kepala Ikan Kakap untuk Ibu Hamil

Tips Mengolah Kepala Ikan Kakap untuk Ibu Hamil

Sebelum membuat olahan ikan kakap pastikan moms memilih ikan kakap yang masih segar. Beberapa ciri ikan kakap segar yaitu matanya harus jernih dan menonjol, insangnya masih bersih, berwarna merah dan terang tanpa ada abu-abu atau noda kotoran, dan daging ikan harus kencang, apabila ditekan akan kembali ke bentuk semula.

Sebaiknya moms memasak kepala ikan kakap dengan cara dibakar, dikukus, atau dijadikan sop. Cara memasak tersebut dinilai lebih sehat dibanding menggoreng atau menjadikannya gulai. Pastikan juga untuk memasak kepala kakap hingga matang sempurna.

Tips Mengolah Kepala Ikan Kakap untuk Ibu Hamil
baca juga

Aturan Makan Kepala Ikan Kakap untuk Ibu Hamil

Sebenarnya tidak ada aturan khusus bagi ibu hamil dalam mengonsumsi kepala ikan kakap. Yang harus diperhatikan adalah cara dalam mengolah kepala ikan dan bahan tambahan apa yang digunakan. Jika moms sangat ingin memakan ikan kakap yang dimasak menggunakan santan usahakan jangan memakannya lebih dari 2 kali seminggu. Lebih baik ibu hamil makan olahan kepala ikan kakap dengan didampingi ragam sumber pangan lain seperti sayur dan beragam buah.

Aturan Makan Kepala Ikan Kakap untuk Ibu Hamil