Moms, secara normal ibu hamil membutuhkan jumlah vitamin D sebesar 400 IU. Tidak boleh kurang ataupun terlalu lebih. Jika lebih dari jumlah tersebut dapat memicu berbagai penyakit, misalnya ginjal dan terjadinya lonjakan kalsium dalam darah.

Sedangkan, berdasarkan penelitian, kurangnya asupan vitamin D pada ibu hamil dapat meningkatkan resiko masalah otot pada anak. Bayi yang dikandung dapat memiliki masalah otot lemah yang berpotensi hingga dewasa kelak.  Selain itu, bayi yang lahir dapat memiliki berat badan rendah dan ibu dapat mengalami preeclampsia (komplikasi berbahaya yang ditandai dengan tekanan darah tinggi).

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D alami, selain mengkonsumi makanan dan minuman kaya vitamin D seperti daging merah, ikan, dan susu, ibu hamil dapat berjemur di bawah paparan sinar matahari pagi. Ada banyak manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya. Manfaatnya bisa didapatkan bila ibu hamil berjemur di pagi hari pada pukul 7 hingga 9 atau sebelum pukul 10 pagi.  Durasi waktunya bisa selama 5 - 15 menit, 2 sampai 3 kali per minggu.

Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Ibu Hamil, Kapan Waktu yang Tepat?

Apa Saja Manfaat Sinar Matahari Pagi untuk Ibu Hamil?

Selain dapat memberikan asupan vitamin D alami, sinar matahari pagi bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Ibu hamil sering merasa lelah dan terlihat pucat. Dengan berjemur akan membuatnya lebih bugar.

Vitamin D juga sangat penting keberadaannya untuk penyerapan kalsium. Ini akan membantu proses pengerasan tulang. Caranya adalah dengan melakukan pengaturan pada kalsium dan fosfor yang sudah ada di dalam darah untuk kemudian diendapkan di dalam tulang. Jika tidak ada vitamin D, maka proses tersebut tidak akan bisa terjadi. Pengerasan tuluang ini akan membuat tulang ibu lebih kuat selama masa kehamilan.

Manfaat lainnya adalah dapat mengurangi resiko terkena tekanan darah tinggi dan diabetes selama masa kehamilan, serta bisa menghindarkan ibu dari berbagai penyakit lain, misalnya seperti masalah pernafasan dan resiko terkena penyakit jantung. 

Manfaat Sinar Matahari Pagi untuk Janin

Sinar matahari pagi dapat memenuhi kebutuhan vitamin D ibu hamil yang mana dapat membantu perkembangan tubuh kembang janin menjadi lebih optimal. Cukupnya vitamin D bagi janin juga dapat membantu perkembangan kemampuan mental dan sel motorik bayi di dalam kandungan. Tentunya, berkembangnya janin yang baik dalam kandungan akan membuat tingginya nilai IQ yang akan didapatkan anak kelak ketika sudah masuk ke dalam jenjang sekolah. Sedangkan, bagi ibu yang kekurangan asupan vitamin D justru akan melahirkan anak dengan nilai IQ yang kurang tinggi.

Selain itu, kekurangan vitamin D dalam masa kehamilan bisa memicu terjadinya kondisi Riketsia (kondisi janin yang ditandai dengan sulit bergerak) yang disebabkan karena pertumbuhan tulang tidak optimal yang menyebabkan tulang menjadi membengkok yang akan dialami oleh janin dalam kandungan. Ibu hamil pun dapat mengalami kondisi osteomalasia (terjadinya kegagalan penyerapan vitamin D di dalam tulang) yang dapat mengakibatkan tulang lunak (soft bone) yang sangat tidak baik dan berbahaya bagi ibu dan bayi yang ada di dalam kandungan.

Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Ibu Hamil, Kapan Waktu yang Tepat?

Bagaimana Aturan Berjemur yang Aman untuk Ibu Hamil?

Waktu yang tepat bagi ibu hamil untuk berjemur di bawah sinar matahari adalah jam 7 – 9 pagi. Karena, pada jam-jam tersebut, sinar matahari sedang dalam keadaan yang baik untuk kesehatan. Sedangkan, jika sudah beranjak siang, diatas pukul 10 sinar matahari akan memiliki bahaya sebab mengandung sinar radiasi UV. Selain itu, bahayanya berjemur di siang hari, teriknya sinar matahari dapat membakar kulit yang dapat memicu tumbuhnya penyakit kulit. Waktu berjemur pun jangan terlalu lama karena dapat menyebabkan dehidrasi.

Aturan aman berjemur untuk ibu hamil lainnya yaitu sebaiknya sebelum berjemur menggunakan tabir surya di wajah dan kulit tubuh, menggunakan pakaian yang nyaman yang dapat menyerap keringan dengan baik, serta bisa menggunakan kaca mata agar mata tidak silau.

Jadi, Moms, sudah tahu bukan manfaat sinar matahari pagi untuk ibu hamil dan janinnya? Maka, sebaiknya bagi Moms yang sedang hamil rajin-rajnlah berjemur di bawah sinar matahari pagi. Sambil jalan-jalan pagi keliling kompleks juga asyik, Moms.