Secara umum ada 3 jenis susu rendah lemak, yaitu susu rendah lemak dengan kadar lemak 1%, 2%, serta tanpa lemak sama sekali (susu skim). Susu dengan kadar lemak 2% masih mengandung 120 kalori dan 4,5 gram lemak. Sedangkan dalam susu dengan kadar lemak 1% hanya tersimpan 100 kalori dan 2,5 gram lemak.

Kadar kolesterol dalam ketiga varian susu ini pun, sangat rendah. Setidaknya, hanya terdapat 5 miligram kolesterol, 83 kalori, dan 0 kandungan lemak jenuh dalam segelas susu skim. Tak heran, konsumsi susu rendah lemak lebih dianjurkan, khususnya bagi ibu hamil. Kira-kira, apa saja manfaat dan rekomendasi merk susu rendah lemak yang perlu Moms ketahui? Yuk, simak penjelasan selengkapnya!

Manfaat Susu Rendah Lemak

Secara garis besar, inilah manfaat kesehatan dari susu rendah lemak:

1. Menurunkan berat badan
Sedikitnya kandungan kalori dalam susu rendah lemak, menjadikan varian susu yang satu ini sebagai pilihan terbaik bagi siapapun yang sedang menurunkan berat badan.

2. Menurunkan risiko hipertensi dan stroke
Bila Moms memiliki riwayat tekanan darah tinggi, cobalah beralih ke susu rendah lemak atau susu skim. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang dikombinasikan dengan susu rendah lemak, dapat menurunkan tekanan darah. Dengan demikian, peluang terkena penyakit stroke juga dapat diperkecil.

3. Menurunkan risiko diabetes
Kita semua tahu, diabetes gestasional adalah hal yang tidak boleh dianggap sepele oleh ibu hamil. Kondisi perubahan hormon yang terjadi pada masa kehamilan ini dapat menyebabkan kadar gula darah ibu melonjak sehingga membahayakan bayi. Untuk menghindarinya, Moms perlu menerapkan gaya hidup aktif dan pola makan sehat. Salah satunya dengan minum susu rendah lemak sejak awal kehamilan.

Manfaat Susu Rendah Lemak
baca juga

Khasiat Susu Rendah Lemak untuk Ibu Hamil

Sejumlah penelitian klinis menemukan penjelasan di balik pentingnya konsumsi susu rendah lemak bagi ibu hamil. Menurut Asosiasi Medis Kanada Jurnal (CAMJ), wanita yang minum satu cangkir susu rendah lemak atau kurang setiap hari, melahirkan bayi dengan berat badan yang lebih stabil. Sedangkan hasil studi tahun 2010 yang dipresentasikan di Pertemuan Tahunan Akademi Neurologi Amerika menyimpulkan, ibu yang rutin mengonsumsi susu rendah lemak selama kehamilan, terbukti melahirkan anak dengan risiko penyakit multiple sclerosis yang lebih rendah.

Khasiat Susu Rendah Lemak untuk Ibu Hamil

Rekomendasi Susu Rendah Lemak

Lactamil Pregnasis

Lactamil Pregnasis adalah susu yang diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu & janin selama masa kehamilan. Komposisi nutrisi yang terkandung di dalamnya, antara lain:

  1. Protein 12% AKG, untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.
  2. Asam Folat 60% AKG, untuk mencegah kelainan kongential pada janin.
  3. Zat Besi 30% AKG, untuk mencegah anemia.
  4. Kalsium 40% AKG, untuk membantu pertumbuhan tulang pada janin serta mencegah kejang otot dan  pengeroposan tulang pada ibu hamil.
Lactamil pregnasis juga cukup rendah lemak dan rendah gula sehingga sangat baik untuk menjaga berat badan selama kehamilan. Susu ini tersedia dalam beberapa rasa seperti coklat, vanilla, madu, dan stroberi.
Rekomendasi Susu Rendah Lemak
baca juga

Prenagen Mommy

Bisa dibilang, Prenagen Mommy adalah brand susu terbaik dengan kandungan nutrisi dan varian rasa terlengkap. Dilengkapi sumber nutrisi seperti zat besi, inulin, DHA, Asam Folat, Kolin serta zat gizi lainnya yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan fisik dan mental bayi serta mencegah terjadinya cacat pada janin.  Label susu yang satu ini memiliki dua varian, yaitu Prenagen Mommy Emesis untuk ibu hamil yang mengalami morning sickness, serta Prenagen Mommy untuk ibu hamil yang tidak begitu mengalami mual saat kehamilan. Untuk rasa, Moms bisa memilih plain,strawberry, moka, coklat, vanilla, dan kacang hijau.

Prenagen Mommy

Anmum Materna

Susu bubuk tanpa lemak Anmum Materna hadir untuk memenuhi kebutuhan Moms dan si Kecil selama masa kehamilan. Diperkaya dengan Neulipid, GA, DHA, tinggi folat, serat pangan, kalsium, zat besi, dan zat gizi lainnya. Soal rasa, Anmum Materna memiliki keunggulan dibandingkan label lain. Selain pilihan rasa vanilla, coklat, dan mocha caramello, kini juga hadir varian baru, yaitu strawberry white chocolate yang pasti lezat dan nikmat. 

Anmum Materna

Frisian Flag Mama

Cita rasa susu Frisian Flag Mama, hampir sama seperti susu Frisian Flag yang biasa dikonsumsi anak-anak atau orang dewasa lainnya. Dengan rasa yang lebih netral, membuat Frisian Flag Mama cocok dikonsumsi oleh ibu hamil yang tidak terbiasa minum susu kehamilan. Dilengkapi dengan nutrisi seperti protein, asam folat, kalsium, Vitamin A, B, C dan zat besi yang penting dalam menjaga kesehatan ibu hamil selama masa kehamilan. Selain itu, terdapat juga kandungan ALA/AA yang penting untuk perkembangan otak dan mata bayi.

Frisian Flag Mama

Frisomum Gold

Merk susu kehamilan asal Belanda ini tampil dengan kualitas yang sangat baik dan harga yang lebih mahal daripada brand susu lainnya. Kandungan nutrisi dalam susu ini mencakup protein, asam folat, DHA, zat besi, kalsium, dan sebagainya. Tersedia dalam pilihan rasa plain, Frisomum Gold juga dilengkapi dengan probiotik yang dapat membantu melancarkan pencernaan sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil.

Frisomum Gold

Apapun pilihan Moms, pastikan komposisi gizi yang ditawarkan oleh produk susu tersebut, sesuai dengan kebutuhan ibu dan bayi di masa kehamilan. Selamat menjalani kehamilan yang sehat!