Mengenal Wortel Ungu

Walau sekarang belum banyak dibudidayakan, ternyata wortel ungu bukan varietas baru lho Moms. Sejak abad ke-16, di sepanjang Asia dan Timur Tengah sayur ini sudah ditemukan. Wortel ini pertama kali diperkenalkan sekitar 5000 tahun lalu di Afganistan. Namun, seiring perkembangan, wortel ungu kian tersisih dipasaran karena varietas wortel oranye lebih diminati.

Bentuk wortel yang tumbuh liar ini, umumnya pendek dan langsing, tapi secara gizi wortel ungu juga tak kalah dari jenis lain lho Moms. Faktanya, betakarotin dalam wortel ungu lebih banyak dari wortel lain dan rasanya pun manis, karenanya sayuran ini dijuluki dengan ‘Wortel Beta Sweet’.

Unik dan Menarik, Cari Tahu Yuk Manfaat Wortel Ungu untuk Kesehatan!

Manfaat Wortel Ungu untuk Kesehatan

Nah, karena merupakan salah satu jenis sayur tentu wortel ungu juga memiliki manfaat bagi kesehatan dong. Salah satu manfaat wortel ungu untuk kesehatan adalah melawan kanker. Hal ini tak lepas kareana adanya kandungan anthocyanin didalamnya yang dapat membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel seperti kanker.

Dalam “Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition” juga tertulis jika anthocyanin dalam wortel ungu juga dapat mengobati diabetes, membuat pembuluh darah menjadi lebih kuat, serta melancarkan peredaran darah.  Sedangkan carotenoid dalam wortel ungu dapat adalah pengontrol insulin dalam tubuh manusia sehingga dapat menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

Unik dan Menarik, Cari Tahu Yuk Manfaat Wortel Ungu untuk Kesehatan!

Sedangkan, hasil studi lain yang juga dilakukan oleh Departemen Ilmu Nutrisi dan Makanan dari University of Maryland, konsumsi wortel ungu secara teratur bisa menghambat pertumbuhan sel-sel berbahaya ini di usus besar.

Dan karena kandungan serat wortel ungu larut dalam air, maka dapat bermanfaat juga untuk membantu menurunkan glukosa, kolesterol darah serta mampu memelihara saluran pencernaan Moms. Selain itu, wortel ungu ini juga dipercaya dapat mengobati penyakit liver.
Hal ini berdasar riset dari Lindsay Brown, seorang profesor Biomedical Science di University of Southern Queensland yang melakukan percobaan dengan cara memberikan wortel ungu pada seekor tikus yang menderita tekanan darah tinggi, sakit jantung dan mengalami kerusakan pada livernya. Dan hasilnya ternyata setelah 8 minggu tikus menunjukkan kesembuhan bahkan livernya kembali segar.

Nah, dari situlah maka profesor Lindsay disimpulkan bahwa dengan konsumsi wortel ungu dan latihan fisik teratur, keluhan seperti penyakit jantung, liver, diabetes, dan tekanan darah tinggi bisa diatasi.

Itulah tadi informasi seputar wortel ungu dan manfaatnya ya Moms. Mengkosumsi varian sayur memang sangat berguna bagi tubuh, maka dari itu yuk mulai konsmsi sayur yang lebih beragam dan berwarna. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.