Manfaat Ikan Asin

Seperti halnya ikan yang lainnya, ikan asin juga memiliki kandungan protein dan kalsium yang penting bagi kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin dalam kandungan. Akan tetapi, yang membedakan ikan asin dengan ikan lainnya adalah kandungan garam yang tinggi dan tidak boleh dikonsumsi berlebih oleh para ibu hamil.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Ikan Asin? Ketahui Aturan Konsumsinya Yuk!
source: https://www.fimela.com/

Aturan Mengkonsumsi Ikan Asin Bagi Ibu Hamil

Ikan asin sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak oleh ibu hamil. Hal ini sangat penting sebab kandungan garam dalam ikan adin cukup tinggi. Menurut para ahli kesehatan, wanita hamil hanya diperbolehkan untuk mengkonsumsi sekitar 1 sendok teh garam dalam sehari atau sekitar 6 gram garam.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Ikan Asin? Ketahui Aturan Konsumsinya Yuk!
source: https://bulelengkab.go.id/

Yang perlu Mommy perhatikan adalah fakta bahwa natrium ada dalam hampir semua jenis makanan. Itu artinya, asupan ikan asin dapat menambah lebih banyak konsumsi garam ibu hamil. Itu sebabnya konsumsi ikan asin ada baiknya dibatasi sejak awal.

baca juga

Bahaya Asupan Garam Berlebih Pada Ibu Hamil

Edema

Asupan garam yang berlebih pada ibu hamil dapat berisiko pada pembengkakan bagian tubuh tertentu pada ibu hamil. Pembengkakan pada wajah, tangan, kaki, pergelangan kaki dan kaki (edema) pada dasarnya memang merupakan gejala kehamilan yang sangat umum. Tetapi terlalu banyak asupan garam dalam pola makan seorang wanita hamil akan membuat edema menjadi lebih buruk.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Ikan Asin? Ketahui Aturan Konsumsinya Yuk!
source: https://www.agoramedia.com/

Darah Tinggi

Asupan garam berlebih tidak hanya dapat menyebabkan perut kembung dan tidak nyaman, tetapi juga menyebabkan masalah kesehatan yang serius lainnya. Darah tinggi menjadi risiko paling umum yang nantinya dapat mengakibatkan stroke, gagal ginjal, gagal jantung, osteoporosis dan masih banyak lagi risiko kesehatan lainnya. Yang lebih buruk, tekanan darah tinggi saat hamil juga akan sangat berbahaya bagi keselamatan ibu hamil dan janin. Jadi untuk mencegah hal tersebut terjadi, Mommy harus membatasi asupan garam mulai sekarang. Tentu ini juga termasuk pada asupan ikan asin favortimu.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Ikan Asin? Ketahui Aturan Konsumsinya Yuk!
source: https://www.agoramedia.com/

Mengkonsumsi ikan asin satu atau dua potong bisa dikatakan cukup untuk memenuhi batasan asupan garam harian ibu hamil. Dengan kata lain, mengkonsumsi ikan asin diperbolehkan untuk ibu hamil. Tetapi, pastikan untuk tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sering.