Larutan Salin (Garam Fisiologis)

Moms, larutan salin atau garam fisiologis berfungsi untuk mengeluarkan lendir yang mengering dari dalam hidung bayi. Caranya mudah, Moms bisa meneteskan larutan salin tersebut ke dalam rongga hidung bayi dengan bantuan pipet. Tapi Moms harus hati-hati ya saat melakukannya. Karena bayi akan refleks menggerakkan kepalanya, jaga posisi kepala bayi agar larutan salin tidak keluar lagi. Isap kembali larutan salin yang telah mencairkan lendir kering dengan bantuan pipet tadi. Larutan salin bisa Ibu dapatkan di apotek terdekat. Jangan lupa untuk meminta petunjuk dokter sebelum melakukannya.

Larutan Salin (Garam Fisiologis)
source: https://id.wikihow.com/

Madu

Sudah bukan rahasia umum kalau madu memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satunya adalah membantu bayi tidur nyenyak saat terserang batuk pilek. Madu memiliki kandungan anti-oksidan dan anti-bakteri yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, madu juga bisa meredakan batuk, radang tenggorokan, membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi saluran pernafasan. Namun pastikan si kecil berusia 1 tahun ke atas ya, Moms.

Madu
source: https://www.honestdocs.id/
baca juga

Jeruk Nipis

Meski rasanya asam, tapi jeruk nipis sangat bermanfaat meredakan batuk pada bayi. Vitamin C dalam jeruk nipis akan meningkatkan produksi sel darah putih dan sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus dan kuman penyakit penyebab batuk pilek pada bayi. Sebelum diberikan pada bayi, kukus sebentar jeruk nipis, sekitar 10 menit. Lalu campurkan dengan madu untuk mengurangi rasa asam dan membantu melegakan tenggorokannya.

Jeruk Nipis
source: https://www.agustinnesia.com/

Lemon

Sama seperti jeruk nipis, lemon juga mengandung vitamin C dosis tinggi yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi gejala batuk pilek pada bayi. Anti-bakteri dan anti-inflamasi akan mengurangi gejala radang tenggorokan, batuk dan menurunkan produksi lendir di hidung. Cara penggunaannya sama seperti jeruk nipis, yaitu dengan caa mengukus atau menyampurnya dengan air hangat. Tambahkan madu jika bayi sudah berusia 1 tahun ke atas.

Lemon
source: https://www.fourwindsgrowers.com/
baca juga

ASI

Obat batuk alami yang terakhir adalah Air Susu Ibu (ASI). Untuk bayi berusia dibawah 6 bulan, obat terbaik untuk mengatasi batuk pilek adalah ASI. Karena ASI mengandung antibodi yang dapat melawan mikroorganisme seperti virus dan bakteri yang menyerang kekebalan tubuh si kecil. Dengan memberikan ASI maka asupan cairan dalam tubuh bayi akan terus terjaga. Selain itu ASI juga akan memberikan keseimbangan tubuh dan mencegah dehidrasi.

ASI
source: https://hellosehat.com/

Nah Moms, itu tadi 5 jenis obat alami untuk bayi yang aman. Jadi ketika si kecil batuk tidak harus minum obat. Coba berikan obat herbal terlebih dahulu. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.