Kandungan Nutrisi Buncis

Buncis yang dikenal sebagai jenis sayuran dengan harga murah ini ternyata memiliki kandungan nutrisi beragam moms. Selain harganya terjangkau, sayur buncis juga mudah ditemukan moms. Adapun beberapa kandungan yang ada dalam buncis ini meliputi serat, folat, mangan dan vitamin C yang baik untuk kekebalan tubuh dari berbagai penyakit. 

Kandungan Nutrisi Buncis

Tidak hanya itu, Buncis juga kaya akan mineral, terutama mangan. Kandungan mineral lain yang ada dalam buncis adalah kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan zinc yang tentunya akan mememuhi kebutuhan tubuh. 

Manfaat Buncis Untuk Kesehatan

Banyak sekali manfaat buncis bagi kesehatan moms. Namun sayangnya kita jarang mengetahuinya. Nah moms, berikut beberapa manfaat buncis yang wajib kamu ketahui.

  • Memelihara kesehatan mata
    Mata merupakan sumber pengelihatan bagi tubuh kita. Tentunya sangat penting untuk menjaga kesehatan mata moms. Nah, sayur buncis kaya akan vitamin A yang berperan penting dalam menyehatkan mata. Selain itu, vitamin A juga dapat memelihara kesehatan organ reproduksi, mencegah kanker dan menebalkan sistem imun tubuh.
Manfaat Buncis Untuk Kesehatan
  • Menjaga kesehatan jantung
    Buncis kaya akan serat dan antioksidan yang berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Dalam beberapa penelitian, jika rutin mengkonsumsi buncis dengan porsi yang tepat, maka akan terhindar dari penyakit serangan jantung dan pembuluh darah.
  • Melancarkan dan menyehatkan pencernaan
    Pencernaan seringkali terganggu akibata makanan yang dikonsumsi moms. Nah, salah satu cara melancarkannya yaitu dengan mengkonsumsi sayuran. Salah satunya adalah buncis. Sayur buncis mengandung karbohidrat kompleks dan serat yang baik untuk pencernaan. Hal ini disebabkan karena keduanya dapat membantu merangsang pergerakan usus dalam proses pengolahan makanan, dan juga moms akan terhindar dari sembelit yang mengganggu.
baca juga

Manfaat Buncis Untuk Ibu Hamil

Selain baik untuk kesehatan, ternyata buncis juga baik untuk ibu hamil lho moms. Buncis kaya akan asam folat yang dapat membantu mencerdaskan otak janin dalam perut. Selain itu, kandungan mangan dapat membantu metabolisme dalam tubuh, mempercepat penyembuhan luka, serta kesehatan tulang. Tidak hanya itu, Kandungan vitamin K dalam buncis juga berperan penting dalam pembekuan darah moms serta melindungi tulang agar terhindar dari ostheoporosis.

Manfaat Buncis Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buncis Untuk Kesehatan Anak

Selain baik untuk ibu hamil, buncis juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk si kecil moms. Buncis yang kaya akan berbagai macam vitamin dapat memenuhi kebutuhan anak secara baik. Seperti vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata, vitamin C untuk menjaga imunitas tubuh agar terhindar dari berbagi penyakit. 

Manfaat Buncis Untuk Kesehatan Anak

Buncis juga kaya akan antioksidan yang berguna untuk menetralisir radikal bebas yang diproduksi di dalam tubuh. Dengan ini, risiko kerusakan sel dan DNA akibat radikal bebas menjadi semakin kecil atau bahkan hilang.

baca juga

Efek Samping Buncis

Tidak hanya manfaatnya yang beragam, Buncis juga memiliki efek samping yang kurang baik jika dikonsumsi melebihi kebutuhan tubuhmu moms. Beberapa efek samping buncis yang jarang diketahui yaitu kandungan oksalat yang tinggi pada buncis dapat berpotensi dalam pembentukan batu ginjal dalam tubuh. Sehingga akan menjadikan kelainan pada ginjal.

Selain itu, kelebihan oksalat dapat menimbulkan kekurangan kalsium, sehingga bisa memunculkan penyakit atau kelainan pada tulang yang membahayakan moms. Jadi, konsumsi buncis sesuai kebutuhan tubuhmu ya, moms.