Pakaian

Pakaian tentunya hal utama yang sangat Moms perlukan bahkan saat tidak pergi traveling. Ada baiknya Moms membawa pakaian sesuai dengan kebutuhan, tidak terlalu banyak dan jangan sampai kekurangan ya, Moms! Perhatikan juga untuk aktivitas yang memungkinkan mengeluarkan keringat atau basah, sehingga tidak ada drama membeli baju saat traveling, Moms! 

Pakaian

Sepatu

Sepatu memang tidak menjadi opsi atau hal penting yang perlu Moms perhatikan sekali. Namun, sepatu bisa dijadikan pilihan jika Moms akan pergi travelling ke tempat yang akan lebih banyak berjalan kaki. Pasalnya, sepatu baik untuk kaki apabila Moms ingin berjalan kaki seharian penuh, tidak pegal dan jalan menjadi lebih nyaman. 

Sepatu
baca juga

Makeup dan Aksesoris

Makeup dan aksesoris bukan pilihan utama saat traveling, sebaiknya disesuaikan dengan kapasitas muatan koper atau tas backpack Moms saja. Ada kalanya menimbang mana yang lebih penting untuk dibawa. Namun, ada baiknya Moms membawa yang diperlukan untuk sehari-hari saja misalnya sunblock untuk mencegah sinar UV, moisturizer untuk menjaga kelembaban kulit, atau lip balm dan lip gloss mencegah bibir pecah-pecah. 

Makeup dan Aksesoris

Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi adalah hal yang paling penting dan jangan sampai ketinggalan ya, Moms! Pasalnya, perlengkapan mandi adalah daily needs yang sangat Moms butuhkan dan jangan sampai tertinggal. Disarankan apabila Moms bepergian menggunakan pesawat, membawa perlengkapan mandi cair yang ukurannya dibawah 200ml ya, Moms. Karena ketentuan pesawat tidak membawa bahan yang cair diatas 200ml. 

Perlengkapan Mandi
baca juga

Obat-obatan dan P3K

Obat-obatan dan P3K juga penting, Moms. Untuk melakukan tindakan pertama saat terjadi kecelakaan ringan, misalnya si kecil sakit kepala atau batuk pilek. Bisa juga jatuh saat bermain, pastikan Moms siapkan obat-obatan dan P3K untuk mencegah traveling jadi tidak nyaman ya, Moms.

Obat-obatan dan P3K

Dokumen Travel

Ini paling penting! Dokumen travel jangan sampai tertinggal ya, Moms seperti paspor atau data diri. Karena saat dokumen travel Moms tertinggal tentunya Moms tidak akan bisa berpergian kemana-mana dan tentunya akan merusak seluruh rencana traveling. Dokumen travel lainnya seperti kode  booking hotel atau tiket pariwisata ada baiknya dibuat elektronik untuk mencegah kerusakan, ketinggalan, dan kehilangan. 

Dokumen Travel

Perlengkapan Elektronik

Perlengkapan elektronik ini bisa berupa charger, powerbank, handphone, atau tablet. Pastikan barang-barang elektronik Moms lengkap terbawa ya. Tentunya akan menyulitkan apabila tidak membawa lengkap perlengkapan elektronik. Kamera juga bisa jadi salah satu perlengkapan elektronik yang bisa Moms bawa saat traveling

Perlengkapan Elektronik

Jadwal Perjalanan

Perjalanan Moms akan lebih mudah ketika menggunakan tour, namun banyak orang yang tidak suka menggunakan tour karena akan mengeluarkan biaya yang lebih besar. Bagi Moms yang traveling tanpa menggunakan tour, ada baiknya menyusun jadwal perjalanan. Menyusun jadwal perjalanan penting sekali, Moms agar tak membuang waktu ketika sampai di tempat tujuan traveling tapi tidak tahu ingin berkunjung kemana. 

Jadwal Perjalanan