1. Jamu Kunyit Asam Untuk Melancarkan Menstruasi

4 Resep Jamu Tradisional untuk Merawat Kesehatan Miss V, Coba Deh, Moms!
source: https://hellosehat.com/

Resep jamu pertama yang bisa Mommy coba untuk masalah haid tidak lancar adalah jamu kunyit asam. Bahan yang diperlukan adalah di kunyit, asam jawa, dan perasan jeruk nipis. Mommy dapat merebus semua bahan dan diminum selagi hangat. Jamu yang satu ini ampuh dalam melancarkan siklus menstruasi, mengatasi nyeri haid, serta bermanfaat untuk menyehatkan organ reproduksi. 


2. Jamu Kunci Sirih Untuk Mencegah Keputihan dan Menghilangkan Bau Tidak Sedap

4 Resep Jamu Tradisional untuk Merawat Kesehatan Miss V, Coba Deh, Moms!
source: https://www.idntimes.com/

Bagi para istri, masalah keputihan dan bau tidak sedap dari vagina tentu adalah hal yang serius. Untuk itu, Mommy dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi jamu herbal kunci sirih. Jamu ini berbahan dasar temu kunci dan daun sirih yang memang terbukti berkhasiat mengurangi keluhan keputihan dan menghilangkan bau tidak sedap pada vagina. Dalam hal ini, sirih akan bekerja menghilangkan bau pada vagina, sedangkan temu kunci dengan zat anti kankernya menjaga kesehatan organ intim. 

baca juga


3. Jamu Galian Singset Untuk Langsing dan Awet Muda

4 Resep Jamu Tradisional untuk Merawat Kesehatan Miss V, Coba Deh, Moms!
source: https://www.kompasiana.com/

Khawatir dengan badan yang semakin melebar dan kulit wajah yang tampak kusam? Cobalah untuk membuat sendiri jamu galian singset yang dulu kala menjadi andalan wanita untuk melangsingkan badan. Meskipun jamu ini dapat dengan mudah ditemukan dalam bentuk instan di pasaran, Mommy dapat membuat versi yang lebih fresh dengan meraciknya sendiri. Bahan-bahannya adalah kencur, kunyit, temulawak, kayu manis, asam jawa, serai, merica, lengkuas, kapulaga, cengkeh, dan ketumbar. Tidak hanya membuat tubuh lebih langsing, jamu ini juga dapat mengatasi keriput di wajah, lho.


4. Jamu Penyubur Kandungan

4 Resep Jamu Tradisional untuk Merawat Kesehatan Miss V, Coba Deh, Moms!
source: https://www.ofwkablogs.com/

Terakhir, untuk Mommy yang sedang menantikan kehadiran buah hati, tidak ada salahnya untuk mencoba resep jamu tradisional yang bisa menyuburkan kandungan. Bahan-bahannya antara lain beras yang ditumbuk, jahe, kapulaga, kedawung, kayu manis, temu kunci, asam jawa, pala, jeruk nipis, dan kunyit. Haluskan semua bahan dan saring menggunakan kain. Kemudian rebus hingga semua sari-sarinya ke luar. 

Itulah beberapa jamu tradisional berkhasiat yang tidak boleh dilewatkan oleh para wanita Indonesia. Selamat mencoba, ya!