Memperbaiki Mood

Ada kalanya, mood Moms bisa cepat berubah bagaikan roller coaster kan? perasaan ingin marah tiba-tiba pun bisa terjadi jadi karena kondisi mental sedang down. Nah, untuk memperbaiki mood seperti ini menanam tanaman bisa jadi solusi.

Selain memberikan oksigen yang penting bagi tubuh. Ternyata dengan menyentuh tanaman terbukti bisa membuat jiwa menjadi lebih tenang dan membantu membuat mood lebih positif. Moms akan merasa damai sejahtera, bahagia untuk memulai hari bila ada tanaman di rumah. Beberapa mood negatif seperti tertekan, dan lainnya juga bisa dikurangi.

Hobi Memelihara Tanaman, Ini 5 Manfaatnya Untuk Kesehatan Mental

Meningkatkan Percaya Diri

Manfaat hobi memelihara tanaman bagi kesehatan mental yang lain adalah meningkatkan percaya diri. Menurut American Horticultural Therapy Association (AHTA), terdapat manfaat memelihara tanaman di rumah terhadap kondisi psikologis dan kognitif seseorang termasuk salah satu meningkatkan rasa kepercayaan diri. Hasil penelitian lain juga  menunjukkan adanya efek peningkatan mood serta performa bekerja pada seseorang yang bekerja di ruangan yang dihiasi tanaman.

Membuat Bahagia

Menanam tanaman di rumah akan menjadikan udara yang bersih, aroma rumah yang harum, suasana yang indah. Hal ini tentu menjadikan pikiran dan jiwa lebih tenang serta membuat bahagia kala di rumah dong.

Hal tersebut didukung penelitian Chungnam National University membuktikan bahwa memelihara tanaman bisa membantu menenangkan seseorang dengan menekan sistem saraf simpatik dan cenderung lebih bahagia. Selain itu pemandangan taman yang hijau dan bunga bewarna cerah bisa memberikan perasaan senang bagi yang melihatnya.

Hobi Memelihara Tanaman, Ini 5 Manfaatnya Untuk Kesehatan Mental

Mengurangi kecemasan

Cemas adalah hal umum yang sering melanda siapa saja. Mengurangi kecemasan sangat penting agar memperoleh kedamaian emosi. Karena itu, cobalah untuk menanam tanaman di rumah, Moms. Dari penelitian tahun 2005 oleh National Chung Hsing University menemukan bahwa kecemasan dan ketakutan seseorang akan berkurang jika mereka bekerja di lingkungan yang banyak tanaman.

Menyegarkan pikiran

Menurut penelitian University of Reading tahun 2002, memandang dedaunan hijau bisa menyegarkan pikiran seseorang. Hmm, itu tentu bagus untuk mengatasi kondisi jenuh saat ada di rumah. Apalagi setelah beraktivitas panjang di dapur, kamar mandi, atau bekerja di depan laptop. 

Selain itu, aroma segar dari tanaman hijau dan wangi bunga yang mekar bisa membuat perasaan menjadi rileks. Menanan tumbuhanjuga bisa jadi kegiatan baru yang menyenangkan yang akan menghilangkan rasa jenuh saat melakukan aktifitas rutin sehari-hari.

Nah, begitulah tadi Moms beberapa manfaat hobi menanam menanam tanaman di rumah. Walau terlihat sederhana, hobi menanam akan memunculkan perasaan tenang dan senang saat di rumah. Ajak pula si kecil untuk menanam bersama supaya lebih menyenangkan.

Jadi, mau mulai menanam apa hari ini Moms?