Pemisahan Jenis Mainan Berdasarkan Gender

Kita semua tumbuh dengan pemahaman bahwa warna pink adalah warna anak perempuan dan warna biru adala warna anak laki-laki. Tidak hanya itu, mainan anak juga mengalami pemisahan di mana boneka identik sebagai mainan anak perempuan, sedangkan anak laki-laki harus bermain dengan mobil-mobilan atau bola. Namun, apakah sebenarnya pemisahan jenis mainan ini berdampak serius pada pemahaman gender dan pembentukan orientasi seksual anak?

Saat Anak Laki-laki Lebih Suka Bermain Boneka, Berbahayakah?
source: https://www.campaignlive.com/

Secara ilmiah, masih belum ada penelitian bagaimana mainan dapat benar-benar memberikan dampak serius pada perkembangan gender dan orientasi seksual seseorang. Namun, yang pasti mainan memiliki manfaat dalam perkembangan dan pertumbuhan seorang anak. Sebaliknya, fakta malah menunjukkan bagaimana pemisahan warna dan mainan berdasarkan gender merupakan bagian dari konstruksi sosial yang dipengaruhi oleh industri. 

Berdasarkan hal tersebut, seharusnya orangtua dapat lebih tenang saat mendapati seorang anak laki-laki menyukai boneka dan saat melihat anak perempuan lebih sering bermain bola. Pasalnya, setiap mainan memiliki manfaatnya masing-masing bagi perkembangan anak, tanpa memandang jenis kelaminnya.

Saat Anak Laki-laki Lebih Suka Bermain Boneka, Berbahayakah?
source: https://www.yahoo.com/
baca juga

Bahaya Bermain Boneka Pada Anak Laki-Laki

Kebanyakan orangtua tentu akan sangat mengkhawatirkan bagaimana bermain boneka dapat berbahaya bagi perkembangan anak laki-laki menjadi "laki-laki". Padahal, tidak ada hubungan yang menunjukkan adanya pengaruh boneka terhadap perkembangan kecenderungan gender atau orientasi seksual. Satu-satunya bahaya yang harus dihadapi adalah cibiran dan kritik dari orang sekitar. Penting bagi Mommy untuk mengantisipasi dengan memberikan pemaparan tentang manfaat bermain boneka pada anak tanpa memandang gender.

Saat Anak Laki-laki Lebih Suka Bermain Boneka, Berbahayakah?
source: https://genderingchildren.wordpress.com/

Manfaat Bermain Boneka Pada Anak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, setiap mainan memiliki manfaat yang sama pada pertumbuhan dan perkembangan anak tanpa memandang jenis kelamin. Begitu pula dengan boneka yang dimainkan anak laki-laki. Mainan ini dapat memberikan manfaat yang sama seperti bagaimana boneka bermanfaat bagi anak perempuan, seperti:

  1. Mengembangkan imajinasi
  2. Melatih empati
  3. Mengembangkan kepedulian anak
  4. Melatih kemampuan bahasa
Saat Anak Laki-laki Lebih Suka Bermain Boneka, Berbahayakah?
source: https://www.pinterest.ca/

Itulah beberapa hal yang harus Mommy pahami saat mendapati anak laki-laki suka bermain dengan boneka. Tidak ada salahnya untuk mulai mematahkan batasan dan pemisahan mainan berdasarkan gender. Pahami bahwa tidak ada yang namanya mainan perempuan atau laki-laki. Mulailah untuk membangun generasi yang tidak terkotak-kotak, khususnya dalam urusan gender.