Gaji Fresh Graduates

Heboh Fresh Graduates Nolak Gaji Rp8 Juta, Bagaimana Sih Perhitungan Standar di Dunia Kerja?
source: https://rdtya.com/

Setelah resmi lulus dari perguruan tinggi, para lulusan baru sarjana strata satu biasanya akan mulai meramaikan acara job fair dan memasukkan aplikasi lamaran pekerjaan. Tentu semua dari mereka berekspektasi untuk mendapatkan pekerjaan yang nyaman, sesuai dengan kemampuan, menjamin prospek masa depan, serta dengan gaji yang besar. Sayangnya, ini hanyalah sebuah keinginan. Pada kenyataannya, dunia pekerjaan lebih keras dan rumit dari sebuah impian. Gaji fresh graduates biasanya tidak berkisar jauh dari UMP (Upah Minimum Provinsi) yang saat ini untuk Jakarta adalah 3.6 juta rupiah.


Gaji 8 Juta Untuk Fresh Graduates, Besarkah?

Heboh Fresh Graduates Nolak Gaji Rp8 Juta, Bagaimana Sih Perhitungan Standar di Dunia Kerja?
source: https://www.thejakartapost.com/

Belakangan ini netizen diramaikan dengan topik pembicaraan mengenai gaji 8 juta untuk fresh graduates. Beberapa ada yang menganggap bahwa gaji 8 juta itu adalah angka yang cukup besar untuk status pekerja yang baru lulus dari perguruan tinggi tanpa ada pengalaman kerja. Pasalnya, masih banyak pekerja dengan pengalaman kerja tahunan yang gajinya tersendat pada angka 5 atau 6 juta rupiah per bulan.

baca juga


Apakah Almamater Perguruan Tinggi Menentukan Standar Gaji?

Heboh Fresh Graduates Nolak Gaji Rp8 Juta, Bagaimana Sih Perhitungan Standar di Dunia Kerja?
source: http://www.globalindonesianvoices.com/

Lalu, bagaimana dengan anak-anak lulusan perguruan tinggi ternama? Apakah mereka mendapatkan keuntungan lebih untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak lulusan kampus biasa? Jawabannya adalah tidak. Almamater seharusnya tidak menentukan besaran gaji yang akan diterima seseorang. Pasalnya, gaji akan ditentukan dari pekerjaan dan tanggung jawab yang dilakukan oleh seorang pekerja. Kalau pun mempengaruhi, lulusan almamater perguruan tinggi mungkin akan lebih dilirik untuk memasuki tahapan interview. Meskipun ini bukanlah hal yang pasti dan tidak akan memberikan pengaruh pada gaji yang akan diterima nantinya.

Perlu disadari bahwa gaji anak baru lulus perguruan tinggi memang sudah sepatutnya di atas UMP karena mereka memang memiliki keahlian dan ilmu di bidang khusus. Namun, menaruh ekspektasi berdasarkan almamater atau nilai IPK saja masih belum cukup. Seseorang masih harus menimba lebih banyak ilmu dan mengumpulkan pengalaman hingga akhirnya perusahaan dapat memberikan gaji yang lebih tinggi.

Heboh Fresh Graduates Nolak Gaji Rp8 Juta, Bagaimana Sih Perhitungan Standar di Dunia Kerja?
source: https://loan.kreditpintar.com/

Jadi, itulah ulasan seputar gaji yang seharusnya diterima oleh seorang fresh graduates. Semoga bermanfaat, ya!