1. Perhatikan Gaya Belajar Anak

5 Langkah Memilih Tempat Bimbel yang Bagus Untuk Anak
source: http://smadwiwarna.sch.id/

Hal pertama yang harus Mommy pertimbangkan saat akan memilih bimbel adalah dengan menentukan pilihan berdasarkan karakter dan kecenderungan anak. Tiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda satu sama lain. Mungkin ia tampak sulit menerima pelajaran di sekolah karena memang metode belajar yang dilakukan tidak sesuai dengan gaya belajarnya. Untuk itu, pastikan Mommy memilih bimbel yang benar-benar sesuai dengan anak sehingga pelajaran yang disampaikan dapat terserap dengan baik.


2. Ketahui Kualitas Pengajar

5 Langkah Memilih Tempat Bimbel yang Bagus Untuk Anak
source: http://lesprivat.co.id/

Selanjutnya, cari tahu siapa saja guru pengajar yang akan mendampingi anak dalam belajar. Cari tahu bagaimana mereka benar-benar menguasai materi yang akan diajarkan pada anak-anak nantinya. Ini dapat ditelusuri dengan mencari tahu perguruan tinggi tempat mereka belajar hingga mencari info mengenai nilai IPK para pengajar. Dari situ setidaknya Mommy dapat mengetahui bagaimana para pengajar benar-benar menguasai materi atau tidak. Kemudian, ini bisa ditambah dengan testimoni dari murid dan orangtua yang pernah mengambil kelas bimbel di sana.

baca juga


3. Fasilitas dan Layanan

Setiap bimbel menawarkan fasilitas dan layanan yang berbeda. Mulai dari jadwal belajar, buku ajar yang dipakai, latihan soal, hingga layanan diskusi di luar jadwal kelas. Fasilitas ini akan sangat berguna, khususnya untuk anak-anak yang sedang bersiap menghadapi ujian nasional atau ujian perguruan tinggi.


4. Lokasi Bimbel

5 Langkah Memilih Tempat Bimbel yang Bagus Untuk Anak
source: https://www.istockphoto.com/

Jangan sepelekan lokasi tempat bimbel karena ini akan sangat berpengaruh pada performa anak saat belajar. Lokasi yang terlalu jauh dari rumah dan sekolah akan membuat anak terlalu lelah. Pasalnya, untuk perjalanan sendiri, ia sudah perlu mengeluarkan energi ekstra. Bisa jadi bimbel akan menjadi tempat yang melelahkan baginya sehingga pelajaran tambahan yang didapat tidak lagi optimal.

baca juga


5. Sesuaikan dengan Anggaran

5 Langkah Memilih Tempat Bimbel yang Bagus Untuk Anak
source: https://www.thejakartapost.com/

Terakhir, jangan pernah memaksakan pengeluaran di luar kemampuan hanya untuk membayar bimbel eksklusif. Meskipun iklan yang ditawarkan begitu menjanjikan, hal ini akan memberikan beban tersendiri bagi anak saat belajar nantinya. Jadi, carilah bimbingan belajar dengan harga yang rasional.