Moms, tentu istilah ultrasonografi atau lebih di kenal dengan singkatan USG tak asing lagi di telinga. Tahukah Anda USG terdapat dua jenis, yaitu USG abdominal dan USG transvaginal. USG Abdominal pemeriksaan yang dilakukan dari perut bagian luar. Metode ini tentu kerap moms pilih saat memeriksakan kandungan atau mengetahui kondisi organ internal yang ada di dalam tubuh. Biasanya moms akan diberi gel pada perut dan Dokter mulai meletakkan transduser di permukaan perut moms. Sementara itu, berbeda dengan USG abdominal, USG transvaginal pemeriksaannya dilakukan dengan memasukan transduser atau stikrobe sepanjang 2-3 cm ke dalam vagina Anda.

Manfaat Melakukan Pemeriksaan USG Transvaginal

Pemeriksaan yang dilakukan dengan memasukkan langsung ke organ intim moms, USG transvaginal berfungsi untuk mengetahui kondisi organ reproduksi, yang meliputi leher rahim, rahim, vagina, indung telur, dan saluran telur. Pemeriksaan ini dapat dilakukan baik saat kondisi hamil ataupun tidak hamil. USG transvaginal dipilih saat di luar masa kehamilan guna memastikan apakah ada pertumbuhan kista, pemasangan kontrasepsi IUD secara tepat, hingga memastikan penyebab nyeri panggul yang tidak biasa. Sementara untuk ibu hamil, dapat dilakukan untuk mengetahui kondisi janin yang masih sangat kecil atau kondisi hamil muda.

Manfaat Melakukan Pemeriksaan USG Transvaginal
baca juga

Prosedur USG Transvaginal yang Wajib Dipenuhi

Jika moms memilih melakukan USG transvaginal ketika kondisi hamil, tentu hal ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Berbeda dengan USG abdominal yang dapat dilakukan dari trimester pertama hingga terakhir, USG transvaginal memiliki prosedur sendiri. Metode USG ini hanya dapat moms lakukan ketika usia kehamilan baru menginjak 8 minggu atau dibawah 10 minggu.

Sedangkan untuk moms yang tidak hamil dapat dilakukan pada masa ovulasi atau subur. Dibandingkan USG Abdominal, USG transvaginal memang dipandang lebih akurat, karena dapat mengamati setiap organ lebih dekat. Pada wanita hamil, USG ini dapat mengetahui secara rinci kondisi janin di awal masa kehamilan secara detail dan hasilnya pun lebih akurat. Metode ini juga dipandang lebih efektif bagi moms yang melewati masa kehamilan dengan kondisi obesitas dan memiliki rahim terbalik atau retroverted.

Memiliki hasil yang cukup akurat, harga pemeriksaan USG Transvaginal cukup bervariasi. Hal ini tentu tergantung pada rumah sakit yang moms pilih. Kisaran harganya jatuh pada Rp250.000 - Rp744.000.