Benda di rumah yang bisa jadi mainan bayi

Pernahkah Moms mengalami si kecil lebih tertarik dengan benda-benda yang sering Moms gunakan sehari-hari dibandingkan dengan mainan yang memang diperuntukkan khusus bayi?

Tak Perlu Mahal, 5 Benda di Rumah Ini Bisa Dijadikan Mainan Untuk Bayi, lho!
source: https://www.google.co.id/amp/s/hellosehat.com/parenting/tips-parenting/menghadapi-anak-makan-berantakan/amp/

Rasa penasaran yang besar membuat bayi selalu ingin memegang dan tertarik memainkannya. Untuk itu jika ingin membelikannya mainan, cobalah perhatikan kesukaan dan aktivitas si kecil.

Jika ada barang di rumah yang sangat menarik perhatiannya, lakukan sedikit modifikasi agar aman untuk dimainkan si kecil. Apa saja barang di rumah yang bisa digunakan untuk mainan balita?

1. Mangkuk stainless
Warna-warna cerah dan beragam dari perabot mangkok stainless Moms sangat disukai bayi dan balita. Apalagi jika warna yang muncul adalah warna-warna kontras dan bukan senada. Suara mangkuk stainless yang sangat khas ketika didentumkan juga membuat si kecil tertarik untuk menggerakkan dan membuat suara.

Tak Perlu Mahal, 5 Benda di Rumah Ini Bisa Dijadikan Mainan Untuk Bayi, lho!
source: https://indo.bestpriceupdate.com/dimana-beli-mangkuk-stainless-13cm-bowl-2-lapis-anti-panas-di-indonesia/

2. Kertas
Benda ini amat mudah ditemukan di rumah. Berikan si kecil selembar kertas (kecuali kertas koran), mungkin ia akan terpukau sejenak, lalu mulai melambai-lambaikannya. Setelah itu, ia akan mencoba menyobek-nyobek kertas itu menjadi bagian-bagian kecil. Permainan ini bisa melatih ketangkasannya sekaligus membuat ia akrab dengan benda sehari-hari.

Permainan ini tergolong aman, gerakan bayi yang belum sehalus orang dewasa membuat kemungkinan terluka karena kertas (paper cut) sangat kecil. Hanya saja, Moms harus menjaga agar robekan-robekan kertas itu tidak masuk ke mulutnya ya.

baca juga

3. Botol plastik
Botol bekas air mineral atau minuman lainnya menjadi mainan bayi tak biasa yang terbilang favorit untuk si buah hati. Mereka suka meletakkan benda apapun ke dalam botol. Seperti, kerikil, air dan sabun, hingga perintilan kecil dari mainan-mainan lain. Ia juga akan meremas botol tersebut sehingga menimbulkan bunyi khas yang tentunya menarik baginya.

Pastikan botol yang dimainkan si kecil terbuat dari plastik dan bukan beling ya Moms. Supaya lebih aman dan tidak ada risiko terluka.

Tak Perlu Mahal, 5 Benda di Rumah Ini Bisa Dijadikan Mainan Untuk Bayi, lho!
source: https://m.liputan6.com/citizen6/read/2193453/bahaya-memakai-botol-plastik-bekas-air-kemasan?utm_expid=.t4QZMPzJSFeAiwlBIOcwCw.0&utm_referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.co.id%2F

4. Rol tisu gulung
Moms jangan buru-buru membuang rol bekas tisu gulung. Karena rol pada gulungan tisu juga memiliki daya tarik bagi bayi. Bentuk bangun silindernya yang menarik dan bagian tengahnya yang berlubang juga memudahkan si kecil untuk memegang. Di mata bayi, bentuk rol tisu bukan sesuatu yang menarik untuk dimakan.

Hal lain yang menguntungkan, rol tisu terbuat dari karton sehingga aman dimainkan bayi. Bayi senang mengadu benda apa pun yang dipegangnya dengan benda lain. Nah, rol gulungan tisu ini dapat diadu tanpa menimbulkan bahaya.

5. Bola
Moms bisa mengajak si kecil bermain tangkap bola ketika ia sudah mulai belajar duduk pada usia sekitar 6 - 7 bulan. Bola apa pun bisa Moms jadikan mainan si kecil, asalkan ukurannya cukup besar sehingga tidak mungkin tertelan olehnya.

Dudukkan ia di hadapan Moms dengan bola berada di tengah-tengah. Lalu, oper bola ke arahnya, biarkan ia menangkap. Awalnya, mungkin Moms harus mengambil sendiri bola itu darinya untuk kemudian Moms oper lagi pada si kecil. Sebab, umumnya bayi lebih dahulu bisa menangkap sebelum bisa mengoper.

Tak Perlu Mahal, 5 Benda di Rumah Ini Bisa Dijadikan Mainan Untuk Bayi, lho!
source: http://www.huggies.co.id/komunitas-huggies/bermain-dan-belajar/funandlearndetail.aspx?id=44

Berikut tadi benda-benda di sekitar Moms yang aman dijadikan alat permainan bayi. Namun yang perlu diperhatikan selalu jaga kebersihan benda-benda tersebut dan selalu memperhatikan ketika si kecil sedang menggunakannya ya Moms.