Hindari Mainan Tokoh Kartun yang Jahat

Anak-anak adalah peniru ulung, di usianya yang masih balita apapun akan terserap dengan baik dan cepat oleh si kecil. Jadi, sebaiknya Moms jangan memberikan mainan-mainan dari tokoh kartun dengan watak yang jahat. Khususnya untuk mainan anak laki laki umur 1 sampai 5 tahun. Karena ketika si kecil memainkan mainannya, dia akan berperan sebagai tokoh jahat. Moms pasti nggak mau dong si kecil terpengaruh?

Hindari Mainan Tokoh Kartun yang Jahat
source: https://experiencethemistress.com/

Hindari Mainan yang Berbahaya

Mainan pedang-pedangan memang pas untuk anak laki-laki. Namun sayangnya, mainan pedang-pedangan ini termasuk mainan yang berbahaya untuk anak-anak, terlebih jika si kecil masih berumur dibawah 3 tahun. Dikhawatirkan, ketika si kecil bermain pedang-pedangan tanpa pengawasan Mommies, bisa-bisa ada bagian tubuh yang tidak sengaja terkena pedang-pedangan tersebut. Mata, misalnya.

Hindari Mainan yang Berbahaya
source: https://shopee.co.id/
baca juga

Hindari Mainan yang Mengandung Kekerasan

Mainan yang mengandung kekerasan contohnya adalah pistol pistolan, laser, atau permainan boxing dengan menggunakan sarung pemukul. Permainan ini memang memberikan image laki-laki, namun Moms tahu nggak bahayanya? Mainan-mainan ini secara tidak langsung sudah memperkenalkan buah hati dengan tindakan kekerasan. Jadi jika Moms ingin membelikan mainan pistol-pistolan pada si kecil, sebaiknya menunggu si kecil cukup umur untuk diberikan pengertian.

Hindari Mainan yang Mengandung Kekerasan
source: https://kaltim.tribunnews.com/

Pilih Mainan yang Aman

Sebaiknya Moms memilih mainan yang memang dirancang sesuai dengan usia si kecil. Bahan-bahan mainan sebaiknya mendapat perhatian ekstra apakah membahayakan atau tidak untuk anak. Moms harus memilih mainan dengan label “food grade” sebagai indikator keamanan. Perhatikan bagian mainan, apakah ada bagian yang robek atau terkelupas. Hindari pula mainan yang mengandung bahan seperti merkuri, phthalate, arsenic, kadmium dan PVC yang berbahaya bagi anak.

Pilih Mainan yang Aman
source: https://www.jakartanotebook.com/
baca juga

Menstimulasi Kreativitas dan Imajinasi

Moms, juga bisa lho memilihkan mainan yang dapat menstimulasi kreativitas dan imajinasi anak. Misalnya saja mainan balok atau lego. Pilih mainan yang bisa merangsang sel-sel motorik dan sensorik sehingga anak-anak tidak hanya seru bermain tapi juga belajar di waktu yang bersamaan.

Menstimulasi Kreativitas dan Imajinasi
source: https://www.tokopedia.com/

Nah Moms, itu tadi 5 tips memilih mainan untuk anak laki-laki. Pilih yang mainan yang edukatif ya Moms untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Semoga informasi ini bermanfaat Mommies.