Jangan Malu dengan Ekspresi Emosi

Terkadang orangtua malu dengan anak-anaknya yang terlalu emosional. Hal ini tampak dari bagaimana orangtua berusaha untuk menyembunyikan anaknya yang menangis dan sedih karena sesuatu hal. Padahal, menangis bukanlah hal yang buruk. Menjadi seseorang yang emosional tidak membuat anak lemah. Namun, penting bagi anak-anak untuk belajar mengenali dan memahami emosi mereka. Bahkan, kesadaran emosional dapat membantu anak-anak menjadi kuat secara mental.

Bantu Anak Mengelola Emosinya, Ini 5 Cara yang Bisa Moms Lakukan
source: https://www.yourtango.com/

Jadi, hindarilah menekan anak untuk menghentikan ekspresi emosinya. Hindari menyebut anak Anda pengecut atau menganggap sensitivitasnya harus diperbaiki. Setiap orang memiliki temperamen yang berbeda dan anak Anda mungkin dilahirkan dengan kepekaan emosional yang lebih tinggi daripada yang biasa Anda alami.


Ajari Anak Tentang Emosi

Penting bagi anak untuk mengenali perasaannya. Jadi, mulailah mengajarinya tentang emosinya dengan menyebutkan nama-nama emosi tersebut untuknya. Mommy dapat mengatakan, "Kamu kelihatan sedih sekarang," atau "Aku tahu kamu sedang marah." Selain itu, Mommy juga dapat menceritakan emosimu juga dengan mengatakan, "Aku sedih kita tidak bisa mengunjungi nenek hari ini."

Bantu Anak Mengelola Emosinya, Ini 5 Cara yang Bisa Moms Lakukan
source: https://www.medium.com/

Mengenalkan anak tentang macam-macam emosi dapat membuat anak paham apa yang sedang dirasakannya dan kedepannya ia akan mampu untuk mencari solusi untuk mengatasi perasaannya tersebut.

baca juga


Validasi Perasaan Anak 

Terkadang orang tua secara tidak sengaja melakukan tindakan yang malah menekan perasaan anak. Misalnya dengan berkata, “Berhentilah marah. Ini bukan masalah besar!" Kata-kata seperti ini akan mengajarkan anak bahwa perasaannya salah. Padahal kenyataannya apa yang dirasakan anak adalah hal yang lumrah dan normal terjadi. Sebagai orangtua, penting untuk bisa menunjukkan bahwa Mommi paham bagaimana perasaannya dan berikan empati.

Bantu Anak Mengelola Emosinya, Ini 5 Cara yang Bisa Moms Lakukan
source: http://intentblog.com/

Selain itu, pada saat yang sama, bantulah anak-anak untuk bisa memahami bahwa emosi dapat cepat berlalu dan perasaan yang dirasakannya sekarang tidak akan bertahan selamanya. Saat anak menyadari bahwa hal ini akan berlalu dengan cepat, ia akan terbantu untuk bisa lebih tenang di tengah-tengah momen emosional.


Ajarkan Keterampilan Pengaturan Emosi

Saat Mommy mendapati si kecil memiliki karakter yang emosional dan cepat terbawa suasana, penting bagi Mommy untuk tidak membiarkan perasaannya mengendalikan pikiran dan dirinya. Pastikan Mommy mengajarkannya cara tepat untuk mengatur emosi yang sedang dirasakannya, seperti dengan:

  1. Latih napas dalam-dalam.
  2. Berhitung untuk menenangkan diri.
  3. Beristirahat dari kegiatan.
  4. Siapkan perlengkapan penenang, seperti alat gambar atau alat musik.
  5. Bantu anak mencari solusi.
Bantu Anak Mengelola Emosinya, Ini 5 Cara yang Bisa Moms Lakukan
source: https://www.parenthub.com.au/

Nah, itulah lima cara tepat menangani anak yang emosional. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu Mommy mengatasi masalah anak yang pemarah atau pemurung. Selamat mencoba!