Penuaan dini semakin lama menjadi satu hal yang ditakutkan oleh kaum wanita. Berbagai faktor eksternal seperti polisi, asap, juga kelembapan udara disekitar lingkungan kita memungkinkan moms merasakan penuaan kulit lebih cepat. 

Dilansir dari HaiBunda, dr. Reisa Broto Asmoro menuturkan kalau salah satu ciri moms mengalami penuaan dini ialah munculnya garis-garis halus atau kerutan di wajah. 

Eits! Namun hal ini bisa kita lawan kok moms. Berbagai masker hemat dan praktis bisa menemani hari-hari moms sebelum tidur. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi bisa meingkatkan pertumbukan kolagen dan melawan radikal bebas. So, kira-kira bahan apa saja ya?

1. Minyak Zaitun

Tidak hanya dimanfaatkan untuk memasak, minyak zaitun ternyata bisa untuk masker wajah loh moms. Pasalnya minyak ini mampu mengecangkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori wajah, menghaluskan kulit, dan menyehatkan kulit karena kaya dengan kandungan vitamin E dan K.

Caranya cukup mudah loh moms! Cukup oleskan pada wajah di malam hari, lima menit sebelum tidur. "Enggak usah terlalu banyak, yang penting cukup membasahi jari tangan. Oleskan ke wajah dan lakukan pijatan dengan gerakan memutar. Diamkan selama lima menit, kemudian dibilas dengan air hangat, baru kita tidur," ujar Reisa.

baca juga

2. Nanas

Nanas yang kaya akan kandungan vitamin C, bisa menjadi solusi dikala moms cemas pada penuaan dini. Nanas berkhasiat juga untuk membuat kulit jauh lebih bersinar dan putih. Atau penampilan moms yang terganggu dengan jerawat karena penumpukan minyak, kotoran, polusi, dan sisa makeup? Nanas bisa jadi solusi mudah dan hemat loh!

Membuat masker nanas sangat mudah. Hanya blender buah nanas tanpa tambahan apapun, lalu oleskan ke wajah. Setelahnya diamkan selama 15 - 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

2. Nanas

3. Lidah Buaya

Gel bening yang terdapat di dalam lidah buaya memiliki banyak kandungan asam malat, yang juga terkandung dalam berbagai produk skincare. Menurut Reisa, "Asam malat bisa membantu menjaga elastisitas kulit kita."

Caranya gampang kok moms. Cukup ambil bagian dalam lidah buaya, kemudian oleskan langsung ke seluruh wajah. Kalau sudah merata, lanjutkan dengan pijatan melingkar, dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilaslah dengan air hangat.