Kapan Bayi Boleh Menggunakan Sunscreen?

Bayi Usia 6 Bulan Ke Bawah

Untuk bayi baru lahir dan bayi di bawah 6 bulan disarankan untuk tidak menggunakan sunscreen. Mommy dapat melindunginya dari paparan matahari dengan memakaikannya pakaian yang lebih tertutup atau melindunginya dengan payung. Namun, baru-baru ini American Academy of Pediatrics (AAP) mengatakan bahwa jika pakaian dan naungan yang memadai tidak tersedia, orang tua dapat menerapkan sedikit tabir surya yang memang dibuat untuk bayi dengan kandungan setidaknya 15 SPF pada area tubuh bayi yang terpapar matahari, seperti wajah, bagian belakang tangan dan bagian atas kaki.

Pentingkah Sunscreen Untuk Bayi? Ketahui Tips Aman Memilih dan Menggunakannya
source: https://www.webmd.com/

Bayi Usia 6 Bulan Ke Atas

Kemudian, untuk bayi usia 6 bulan ke atas, Mommy dapat mengoleskan tabir surya yang dibuat untuk anak-anak ke semua area tubuh yang terpapar. Pastikan untuk mengenakannya sekitar 30 menit sebelum si kecil terpapar matahari untuk perlindungan yang lebih optimal.

Pentingkah Sunscreen Untuk Bayi? Ketahui Tips Aman Memilih dan Menggunakannya
source: https://www.oprahmag.com/
baca juga


Cara Memilih Sunscreen Untuk Bayi

Saat akan memilih sunscreen untuk bayi, cobalah untuk mengoleskan sedikit tabir surya yang ingin digunakan pada kulit bayi sekitar 48 jam sebelum keluar rumah untuk memeriksa alergi dan potensi iritasi. Jika anak mengalami ruam, bicarakan dengan dokter anak tentang formula sunscreen anak yang cocok untuk kulit sensitif.

Pentingkah Sunscreen Untuk Bayi? Ketahui Tips Aman Memilih dan Menggunakannya
source: https://www.rd.com/

Selain itu, perhatikan untuk lebih berhati-hati pada area di sekitar wajah anak. Jika si kecil sedang banyak bergerak, tunggu sampai dia lebih tenang atau mengalihkan perhatiannya dengan mainan. Ini penting untuk menghindari tabir surya yang mengenai matanya. Namun, jika tabir surya masuk ke matanya, bersihkan dengan lembut bersama menggunakan kain bersih dan lembap.


Tips Memilih Sunscreen Untuk Bayi

  1. Pilih formula tabir surya yang khusus untuk anak-anak dan anti air.
  2. Untuk mencegah ruam, periksa keberadaan titanium dioxide dan zinc oxide dalam kandungan tabir surya anak. Bahan-bahan hypoallergenic ini penting untuk menjaga kulit bayi dari alergi dan iritasi.
  3. Pilih sunscreen dengan label "broad-spectrum" yang berarti ia melindungi terhadap sinar UVA dan UVB.
  4. Pilihlah SPF setidaknya 15, idealnya 30 hingga 50. Para ahli tidak merekomendasikan produk yang mengandung SPF di atas 50 karena mereka menawarkan perlindungan matahari dengan kualitas yang lebih buruk.
  5. Hindari tabir surya yang mengandung penolak serangga, karena tidak efektif.
Pentingkah Sunscreen Untuk Bayi? Ketahui Tips Aman Memilih dan Menggunakannya
source: https://www.babycenter.com/
baca juga

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, sunscreen atau tabir surya ini harus digunakan sepanjang tahun. Bahkan di hari yang yang berawan atau hujan sekali pun. Pasalnya, awan tidak menghalangi sinar UV yang berbahaya bagi kulit. Itu sebabnya tabir surya menjadi sebuah keharusan setiap saat bayi di luar rumah.