Menentukan Jarak Anak yang Ideal 

Jika Mommy bertanya berapakah jarak usia yang ideal untuk anak pertama dan kedua, ketahuilah bahwa jarak yang sempurna antara anak adalah mitos. Pasalnya, tidak ada jarak yang benar-benar ideal untuk kelahiran anak pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya. Tiap jarak memiliki kelebihan dan kelemahan yang berbeda. Itu semua tergantung pada dinamika keluarga dan nuansa seperti apa yang ingin Mommy ciptakan dalam keluarga.

Tips Menentukan Jarak Ideal Anak Pertama dan Kedua, Kapan Waktu yang Tepat?
source: https://www.bellybelly.com.au/

Perbedaan Jarak Kelahiran Anak

Anak Dengan Jarak Usia 12 - 18 Bulan

Secara umum, saudara kandung yang usianya lebih dekat akan menghindari persaingan saudara dan anak-anak akan mampu bermain bersama dengan baik. Anak-anak yang memiliki saudara dengan jarak usia dekat terbiasa untuk berbagi. Alasan inilah yang membuat para orangtua merasa bahwa jarak dekat akan menjadi pilihan yang tepat agar anak bisa lebih dekat dan kompak. Selain itu, jarak anak yang dekat juga bisa memadatkan semua pengorbanan dan pekerjaan yang dilakukan untuk membesarkan anak-anak menjadi satu periode waktu. Ketika anak-anak ditempatkan berdekatan, satu orang tua dapat memutuskan untuk tinggal di rumah mengurus mereka sampai mereka sekolah. Cara ini dapat menghemat biaya pengasuhan anak dan jika dan menciptakan periode parenting yang lebih efektif.

Tips Menentukan Jarak Ideal Anak Pertama dan Kedua, Kapan Waktu yang Tepat?
source: https://www.parentmap.com/

Sayangnya, jarak yang terlalu dekat antara anak pertama dan kedua juga berisiko membuat anak pertama kehilangan waktu untuk tumbuh mengembangkan identitas diri serta meningkatkan risiko kecemburuan yang kuat. Memiliki anak dengan jarak yang dekat juga akan membuat orangtua harus bersiap untuk dengan segala kebutuhan anak yang berlipat ganda. Ditambah lagi dengan pengorbanan fisik pada tubuh ibu yang terkadang sulit untuk dijalani.

baca juga

Perbedaan Usia 2 Tahun

Banyak dokter kandungan memberikan rekomendasi untuk menunda setidaknya 18 bulan sebelum hamil lagi dengan memerhatikan kondisi kesehatan bayi baru. Namun, ini kerap menimbulkan kesulitan bagi orangtua untuk memposisikan anak pertama sebagai kakak menjelang kehadiran adiknya. Persaingan saudara kandung lebih umum terjadi pada jarak kelahiran ini. Namun, sisi baik yang harus dipertimbangkan adalah kesenjangan usia 2 tahun cenderung terasa lebih mudah seiring dengan bertambahnya usia anak-anak. Usia mereka cukup dekat untuk menikmati kebersamaan dan bermain bersama diiringi dengan kesempatan masing-masing untuk membangun minat dan identitasnya.

Tips Menentukan Jarak Ideal Anak Pertama dan Kedua, Kapan Waktu yang Tepat?
source: https://laurenconrad.com/

3 Tahun atau Lebih

Jarak usia 3 tahun atau lebih akan sangat mengurangi kemungkinan persaingan dan kecemburuan antar saudara kandung. Pada jarak ini, anak yang lebih besar sudah merasa lebih aman menjadi dirinya dan cukup mandiri. Selain itu, tubuh ibu pulih sudah sepenuhnya dari beragam kondisi sejak kehamilan dan kelahiran anak pertama. Ditambah lagi dengan jarak usia yang lebih jauh memberi orangtua lebih banyak waktu setiap anak.

Tips Menentukan Jarak Ideal Anak Pertama dan Kedua, Kapan Waktu yang Tepat?
source: https://www.magicmum.com/

Sayangnya, ketika anak-anak diberi jarak sejauh ini, mereka mungkin akan sulit untuk bisa bermain bersama dengan baik, terutama pada beberapa tahun pertama. Mommy juga akan memulai kembali segala aktivitas mengurus bayi dari awal seperti mengganti popok dan menyusui di tengah malam, serta drama menyapih dan pelatihan toilet. 

baca juga


Memutuskan Kapan Memiliki Anak Lagi

Sama seperti memutuskan kapan memiliki anak pertama, tiap orangtua memiliki kecenderungan dan keputusan masing-masing sesuai dengan kecenderungan dan karakter keluarga. Jujurlah tentang perasaan dan kemampuan Mommy dan pasangan. Kemudian, diskusikan dengan lebih baik bagaimana sebaiknya kalian merancang sebuah keluarga.