1. Pahami Hak Ibu Menyusui

Menyusui di depan umum adalah hal yang legal dan tidak melawan hukum. Bahkan, pemerintah sendiri mendukung kegiatan memberikan ASI eksklusif pada bayi selama dua tahun pertama. Dengan kata lain, Mommy tidak perlu khawatir akan mendapatkan larangan menyusui karena pemerintah sendiri memberikan perlindungan kepada semua ibu dalam memberikan ASI eksklusif kepada bayinya.

5 Tips Menyusui di Tempat Umum Agar Tetap Nyaman dan Tidak Ribet
source: https://www.skilledmother.com/


2. Berlatih Menyusui di Depan Cermin

Jika Mommy khawatir menyusui di tempat umum akan menampakkan bagian yang tidak ingin dilihat orang banyak, cobalah untuk berlatih menyusui di depan cermin. Cara ini mungkin akan membantumu mencari posisi yang tepat agar bagian pribadimu tetap tertutup dengan baik. Selain itu, berlatih mencari posisi yang nyaman juga akan membuatmu merasa lebih rileks saat menyusui di tempat umum.

5 Tips Menyusui di Tempat Umum Agar Tetap Nyaman dan Tidak Ribet
source: https://news.sanfordhealth.org/
baca juga


3. Gunakan Pakaian yang Membuat Nyaman

Saat ini sudah ada banyak sekali pilihan pakaian yang khusus diciptakan untuk ibu menyusui. Pakaian khusus untuk ibu menyusui diciptakan memiliki celah tersembunyi untuk mempermudah proses menyusui. Selain itu, persiapkan juga celemek atau cover menyusui yang bisa digunakan untuk menutup si kecil yang sedang menyusu. Meskipun begitu, masih ada beberapa anak yang tidak suka ditutup saat sedang menyusu. Jadi opsi-opsi ini dapat disesuaikan dengan kenyamanan Mommy dan si kecil.

5 Tips Menyusui di Tempat Umum Agar Tetap Nyaman dan Tidak Ribet
source: http://blog.jojomamanbebe.co.uk/


4. Gunakan Bra yang nyaman

Kebanyakan para ibu menyusui mengatakan bahwa bra olahraga yang elastis memberikan kenyamanan pada payudara selama masa menyusui. Bra seperti ini juga cenderung fleksibel untuk disingkap saat akan menyusui. Berbeda dengan bra menyusui yang mana para ibu harus membuka cup bra ketika hendak menyusui anaknya.

5 Tips Menyusui di Tempat Umum Agar Tetap Nyaman dan Tidak Ribet
source: https://www.bundoo.com/
baca juga


5. Cari Tempat yang Tepat 

Saat akan menyusui di tempat umum, pastikan Mommy benar-benar mencari tempat yang memenuhi dua kriteria, yaitu ada tempat duduk dan berlokasi agak tersembunyi. Meskipun Mommy memiliki hak untuk menyusui di mana saja, tentu menyusui di tempat yang terakses banyak orang akan menimbulkan rasa tidak nyaman untuk Mommy dan si kecil. Jadi, carilah posisi tempat duduk yang memojok atau memunggungi tempat orang berlalu-lalang.

5 Tips Menyusui di Tempat Umum Agar Tetap Nyaman dan Tidak Ribet
source: https://www.verywellfamily.com/


Itulah lima tips menyusui yang bisa Mommy coba lakukan. Semoga bermanfaat, ya!