Aromanya yang menenangkan akan membuat bayi Moms merasa nyaman dengan memakai essential oil. Penggunaan essential oil untuk bayi sendiri tentu memiliki aturan yang khusus yaitu dengan menggunakan essential oil floral karena memiliki sifat yang lebih aman dan tanpa pengawet tambahan. Lalu, essential oil apa saja yang aman dan bermanfaat untuk bayi? Yuk Moms, simak info lengkap essential oil untuk bayi berikut ini:

1. Eucalyptus

Essential oil eucalyptus memiliki manfaat untuk membantu meredakan hidung tersumbat. Essential oil ini juga membuktikan bahwa tanaman herbal cukup ampuh untuk detoksifikasi alami bagi tubuh. Moms bisa tambahkan satu atau dua tetes essential oil ini ke bak mandi hangat si bayi.

8 Essential Oil yang Aman dan Menenangkan Untuk Bayi

2. Chamomile

Tanaman bunga indah ini bermanfaat menenangkan tubuh bayi saat digunakan. Sifat harum yang menenangkan dari chamomile ini akan bantu bayi Moms tertidur nyanyak. Moms bisa memberi beberapa tetes essential oil pada bak mandi bayi, atau difuser agar aromanya tercium.

2. Chamomile
baca juga

3. Tea Tree Oil

Tea tree oil merupakan salah satu aromaterapi yang aman untuk bayi karena berbahan melaleuca alternifolia, yaitu hasil sulingan pohon teh dari Australia. Essential oil ini memiliki manfaat antimikroba, antijamur, dan disinfektan. Beberapa tetes tea tree oil yang dicampurkan ke minyak tanpa aroma, sangat baik untuk mengatasi ruam popok dan infeksi jamur. Penggunaan essential oil ini digunakan untuk bayi yang berusia diatas 6 bulan dan Moms dianjurkan untuk melakukan tes pada bagian kulit bayi sebelum menggunakan minyak ini.

3. Tea Tree Oil

4. Cedarwood

Cedarwood merupakan essential oil dengan aroma balsamik hangat yang bisa membuat bayi Moms rileks dan menciptakan suasana menenangkan ketika di-diffuse. Tak hanya itu, Moms juga bisa menggosokkan minyak ini pada dada bayi karena aman dipakai di kulit tubuh. Essential ini juga bisa dipakai di kulit kepala bayi tujuannya untuk menumbuhkan rambut bayi agar lebih tebal.

4. Cedarwood
baca juga

5. Lavender

Aroma lavender yang lembut dapat menenangkan bayi Moms, serta kandungan bunga lavender juga mampu melawan bakteri di tubuh bayi. Essential oil lavender dapat untuk mengobati rasa gatal akibat gigitan serangga. Pijatan lembut dengan minyak lavender ini juga bisa menenangkan bayi Moms dan membantunya tidur nyenyak. 

5. Lavender

6. Lemon

Menggunakan essential oil lemon akan membuat bayi Moms tenang. Essential ini juga, mendukung fungsi pernapasan yang sehat, dan bisa digunakan sebagai pengusir serangga.

6. Lemon

7. Spearmint

Essential oil spearmint aman digunakan pada bayi. Kandungan di dalam spearmint akan menyegarkan tubuh bayi dan bantu pernapasan bayi yang baik serta saluran pencernaannya. Moms bisa usapkan dan pijat lembut bayi Moms dengan minyak ini.

7. Spearmint

8. Dill

Dill merupakan essential oil yang bisa menenangkan dan memiliki sifat anti kejang, serta dapat menenangkan pencernaan. Moms bisa menuangkan 1 tetes dill, 1 sendok air atau minyak pelarut lain, lalu campurkan dan gosokkan secara lembut ke kulit bayi.

8. Dill

Sebelum mengaplikasikannya pada bayi, ketahui dulu tips dan aturan pakai essential oil di sini, Moms!