Nasi Putih

Nasi putih merupakan sumber utama dari karbohidrat sederhana. Di antara jenis karbohidrat lain, nasi adalah karbohidrat sederhana paling cepat dicerna dan diserap tubuh untuk diolah menjadi gula darah. Karena itu nasi putih menjadi pantangan makanan paling umum untuk orang diabetes. Tidak hanya itu, sumber karbohidrat lain yang wajib dihindari penderita diabetes adalah makanan dengan bahan dasar tepung terigu seperti roti putih dan pasta tepung terigu. Untuk mengganti nasi putih, Moms bisa menggantinya dengan nasi merah, jagung, atau ubi jalar. Untuk roti, Moms bisa memilih roti dengan bahan dasar tepung gandum.

Nasi Putih
source: https://erafakta.com/

Lemak Trans

Selain karbohidrat sederhana seperti nasi putih, makanan yang mengandung lemak trans juga wajib dihindari penderita diabetes. Makanan yang mengandung lemak trans seperti margarin, selai, keripik kentang kemasan, kentang goreng, dan gorengan. Lemak trans dapat memicu resistensi insulin dan sindrom metabolik. Lemak trans juga meningkatkan risiko kerusakan pembuluh darah dan mengurangi baik HDL. Sebaiknya Moms mengurangi makanan dengan kandungan lemak trans yang tinggi. Karena mengurangi konsumsi lemak trans dapat membantu mencegah kerusakan pembuluh darah akibat diabetes, terutama bagi diabetesi yang juga berisiko tinggi kena penyakit kardiovaskuler.

Lemak Trans
source: https://www.honestdocs.id/
baca juga

Minuman Bersoda

Tahukah Moms, minuman bersoda mengandung 38 gram gula per 350 ml. Meski menyegarkan, tapi minuman ini memiliki kandungan gula yang tinggi, dan bisa membuat kadar gula darah melonjak drastis. Jika dikonsumsi terlalu banyak, maka akan memicu resistensi insulin. Sebaiknya Moms menghindari produk minuman yang mengandung kadar gula tinggi. Coba cek komposisi terlebih dahulu sebelum membeli. Jika Moms tidak menemukan kata gula dalam komposisi, coba cek kata-kata sukrosa, sirup jagung tinggi fruktosa, sirup agave, sirup maple, dekstrosa, glukosa, sirup malt, maltose, galaktosa merupakan beberapa nama lain dari gula yang sering ditambahkan dalam produk makanan maupun minuman kemasan.

Minuman Bersoda
source: https://internasional.kompas.com/

Saus Tomat dan Saus Sambal Botol

Ayam goreng pasti enak ya Moms ketika dicocol saus tomat atau saus sambal. Tapi ternyata saus tomat dan saus sambal botol wajib dihindari penderita diabetes. Mengapa? Karena 2 sendok saus tomat setara dengan 16 gram gula. Sebaiknya Moms membuat sambal sendiri di rumah.

Saus Tomat dan Saus Sambal Botol
source: https://nakita.grid.id/
baca juga

Salad Dressing

Salad memang menyehatkan, Moms. Namun semua itu berbeda jika Moms menambahkan mayonnaise, susu kental manis, dan keju parut. Karena ketiga dressing tersebut tidak hanya mengandung gula tambahan, tapi juga tinggi lemak. Agar salad yang dikonsumsi tetap sehat, sebaiknya Moms mengganti dressing salad dengan bahan dasar minyak, seperti minyak zaitun dan minyak kelapa.

Salad Dressing
source: https://pinchandswirl.com/

Nah Moms, itu tadi daftar makanan yang wajib dihindari penderita diabetes. Perhatikan betul-betul ya, Moms, agar kadar gula dalam darah selalu normal. Jika penderita diabetes tetap mengonsumsi makanan yang seharusnya dipantang, gula darah dapat mengalami lonjakan, dan dapat mengakibatkan terjadi berbagai komplikasi. Seperti meningkatnya risiko penyakit kardiovaskular dan kerusakan saraf.

Penyakit kardiovaskular yang dapat diderita antara lain adalah serangan jantung, stroke, dan penyempitan pembuluh darah. Wah, harus hati-hati ya, Moms. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.