Saat usia kehamilan semakin mendekati hari kelahiran. Bayi sudah mulai bergerak menuju jalan lahir. Setiap wanita berbeda-beda. Ada yang bayinya masuk panggul menjelang kelahiran ada pula yang beberapa minggu sebelum proses persalinan. Tepatnya di sekitar usia 34 minggu hingga 36 minggu. Penting bagi moms untuk mengetahui ciri-ciri ketika bayi telah masuk panggul. Pengetahuan ini penting, terlebih untuk moms yang baru pertama kali hamil. Berikut tanda-tandanya.

Terasa Ada Tekanan Pada Panggul

Ketika usia kehamilan sudah masuk trimester ketiga. Banyak yang akan moms rasakan. Mulai dari bertambahnya intensitas buang air kecil hingga rasa nyeri pada panggul. Rasa nyeri akan semakin terasa ketika posisi bayi sudah selaras dengan jalan lahir. Yakni kepalanya telah masuk panggul dan bayi sudah siap-siap untuk lahir.

baca juga

Pernapasan Lebih Lega

Jika janin telah masuk panggul tekanan pada diafragma akan berkurang. Sehingga bernafas pun lebih lega. Sulit tidur karena sesak tak lagi moms rasakan. Tapi intensitas buang kecil semakin sering karena si kecil telah menekan kandung kemih moms.

Mengalami Wasir

Setelah sembelit, berikutnya moms bisa jadi mengalami wasir. Kepala bayi yang telah masuk panggul akan menekan saraf di bagian panggul dan dubur. Kondisi ini dapat menyebabkan moms wasir atau pembengkakan pembuluh darah di area rektum atau anus. Moms bisa mengatasinya dengan berendam air hangat dan mengolesi minyak zaitun atau minyak kelapa pada dubur. Agar mengurangi rasa ketidaknyamanan karena lecet.

Mengalami Wasir
baca juga

Lebih Sering Keputihan

Keputihan akan sering keluar moms, karena si kecil akan menekan rahim saat posisinya sudah masuk panggul. Secara perlahan kondisi ini dapat menghilangkan sumbatan lendir pada area atas rahim di masa akhir kehamilan. Lendir yang juga disebut muscus plug, merupakan cairan berwarna  merah jambu yang memiliki tekstur seperti jelly.

Nyeri Punggung

Mungkin moms sudah mulai merasakan rasa nyeri pada punggung saat trimester kedua. Hal ini disebabkan karena bertambahnya berat badan dan perubahan postur tubuh moms. Rasa nyeri akan terus berlanjut, ketika bayi masuk punggung. Kondisi ini karena bayi terus menekan otot-otot punggung bawah.

Mudah Lapar

Mudah lapar nyatanya memang akan moms rasakan setelah lewat masa morning sickness di trimester pertama. Ini berlanjut hingga trimester akhir. Apalagi ketika bayi masuk panggul. Tekanan membuat akan lebih mudah lapar dan meringankan rasa mulas.  Meski banyak yang moms rasakan saat bayi masuk panggul, namun ini kabar baik moms. Artinya peluang persalinan per vagina akan lebih lancar.