Menyusui si kecil bukan hanya tanggung jawab moms lho. Ayahnya juga harus ikut serta dalam mewujudkan pemberian ASI eksklusif pada si kecil. Meski moms yang memberi ASI, namun suasana yang dibangun ayah di rumah bisa berpengaruh dalam proses menyusui. Seperti diketahui dalam menyusui moms harus selalu merasa rileks dan bahagia.

Hal ini akan mendorong hormon prolaktin dalam tubuh moms terus bekerja dengan baik, sehingga ASI pun lancar. Dukungan ayah dalam menyusui disebut juga breastfeeding father. Ayah bisa mendukung moms dalam melakukan pemberian ASI eksklusif seperti berikut ini:

Pentingnya Peran Ayah, Ini 5 Cara Mendukung Moms Berikan ASI Eksklusif
source: https://webmd.com

Menambah Pengetahuan Terkait ASI dan Menyusui

Selain menjadi ayah siaga selama moms hamil hingga melahirkan. Ayah juga wajib menambah pengetahuan tentang menyusui. Jadi jangan lupa ayah harus ikut serta saat moms berkonsultasi pada Dokter atau konselor laktasi. Pengetahuan ini akan membantu ayah agar tahu apa yang harus dilakukan demi moms dapat menyusui secara nyaman. Minimal selama enam bulan lamanya.

baca juga

Ketahui Manfaat ASI Untuk IBu dan Bayi

Ayah wajib tahu ya, manfaatnya memberi  ASI eksklusif untuk si kecil dan moms. Ini akan membuat ayah lebih bersemangat untuk menjadi breastfeeding father. Ayah bisa mendiskusikan dengan moms, selama masa kehamilan terkait proses menyusui. Frekuensi pengetahuan yang sama, dapat mengurangi perbedaan pendapat tentang ASI. Selain itu, ayah juga bisa mendengar masukan dari moms, terutama terkait bagaimana membuat dia tetap fokus dalam menjalani proses menyusui nantinya.

Bantu Pekerjaan Rumah Tangga

Ketika baru selesai melahirkan banyak hal yang belum bisa moms kerjakan sendiri. Bantuan ayah di sini sangat dibutuhkan. Ayah bisa membantu beberapa pekerjaan rumah yang tak bisa dikerjakan moms. Sehingga moms bisa fokus pada pemulihan dan proses menyusui si kecil. Hal ini juga menghindari moms berguna terlalu lelah, yang dapat mengganggu keluarnya ASI. Selain itu ayah juga bisa berikan pijatan pada bahu moms, selama proses menyui berlangsung. Memberikan efek rileks pada tubuh moms , tentu kegiatan ini bisa mendorong ASI lebih lancar.

baca juga

Ayah Bantu Jaga Si Kecil

Meski ayah harus bekerja, namun akan lebih baik selama di ruma bantu jaga si kecil. Jadi tak ada salahnya ayah belajar menggendong si kecil sejak lahir. Bantuan ayah akan sangat berguna saat di malam hari. Satu hari penuh moms sudah menyusui, menggendong si kecil. Jadi biarkan moms istirahat. Urusan mengganti popok dan memberi susu bisa ayah lakukan. Ayah bisa memberikan stok perahan ASI dan menaruhnya di botol ketika si kecil lapar di malam hari. Bukan hanya meringankan tugas moms, namun kegiatan ini juga membangung kedekatan emosional antara ayah dan si kecil. Yang sudah pasti akan berpengaruh positif pada perkembangan si bayi.

Ayah Bantu Jaga Si Kecil

Bantu Moms Lebih Percaya Diri

Ayah, meski menyusui sudah menjadi tugas moms, namun ada banyak hal yang membuatnya tidak percaya diri. Biasanya rasa ini timbul karena di hari pertama hingga ketiga setelah melahirkan ASInya belum juga keluar. Sedih dan stress yang dirasakan moms akan memperburuk keadaan. Dalam kondisi ini peran ayah penting untuk terus memotivasi moms untuk konsisten dalam memberikan ASI kepada si kecil.

Ayah bisa mengingatkan kembali terkait pengetahuan ASI yang sempat ayah pelajari bersama moms sebelum melahirkan. Lindungi moms dari ucapan-ucapan yang datang baik dari petugas kesehatan, ataupun kerabat dekat yang menakut-nakuti moms. Hal ini biasanya berujung pada pemberian susu formula kepada si kecil.