Sejak masa kehamilan, moms akan sering mendengar berbagai mitos dan pantangan-pantangan yang harus dihindari. Tak berhenti sampai di situ, setelah kehamilan atau masa menyusui berbagai mitos masih tetap ada, bahkan beberapa mitos tersebut telah disebarkan secara turun-temurun dan menjadi kepercayaan kolektif. Seperti beberapa mitos mengenai pantangan makan ibu menyusui ini, tampaknya moms harus berhenti percaya setelah mengetahui fakta sebenarnya. 

5 Pantangan Makanan dan Minuman Untuk Ibu Menyusui, Mitos Atau Fakta?

Makan Makanan Pedas Membuat Bayi Diare

Mungkin mitos ini adalah yang paling sering moms dengar, ibu menyusui pantang makan makanan pedas karena bisa menyebabkan bayi diare. Faktanya dalam proses pencernaan sari-sari makananlah yang akan diserap oleh tubuh, bukan hanya rasa pedas dan enzim capcaisin yang ada dalam cabai. Meskipun tidak berpengaruh langsung pada bayi, tapi sebaiknya ibu menyusui tetap mengurangi konsumsi makanan terlalu pedas karena dikhawatirkan ibu lah yang mengalami diare. Diare bisa menyebabkan dehidrasi yang dapat mengganggu proses pemberian ASI pada bayi.

Makan Makanan Pedas Membuat Bayi Diare
baca juga

Minum Es Membuat Bayi Flu

Ibu menyusui jangan minum es, nanti bayinya batuk dan pilek. Pernah dengar larangan itu moms? Es selalu dijadikan kambing hitam atas sakit flu yang dialami. Faktanya flu atau batuk pilek disebabkan oleh virus dan tidak ada hubungannya dengan makanan atau minuman yang dikonsumsi. Ibu menyusui hanya perlu menjaga pola makannya dengan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi seimbang. 

Minum Es Membuat Bayi Flu

Makanan dan Minuman Panas Mengakibatkan Bayi Gumoh

Selain larangan untuk minum es, terdapat juga mitos bahwa ibu menyusui tidak boleh mengonsumsi makanan atau minuman panas karena bisa mengakibatkan bayi gumoh. Faktanya suhu makanan atau minuman yang dikonsumsi ibu tidak berpengaruh terhadap suhu ASI itu sendiri. Dan gumoh atau bayi memuntahkan ASI adalah cara alami yang dilakukan oleh bayi untuk mengeluarkan kelebihan ASI yang dikonsumsinya. 

Makanan dan Minuman Panas Mengakibatkan Bayi Gumoh
baca juga

Obat untuk Bayi Bisa Diminum Melalui Ibu

Saat bayi sakit lalu moms membawanya ke tenaga medis dan mendapatkan obat, beberapa moms akan tidak tega untuk meminumkan obat tersebut. Kemudian muncullah mitos bahwa obat untuk bayi bisa diminum oleh ibunya, toh kandungan obat tersebut akan disalurkan melalui ASI. Faktanya obat yang diberikan untuk bayi memiliki dosis yang sesuai dengan usianya, jadi jika ibu yang meminumnya maka khasiat obat justru dapat hilang dan kandungannya yang terserap dalam ASI pun berjumlah sangat sedikit.

Obat untuk Bayi Bisa Diminum Melalui Ibu

Minum Kopi Membuat Bayi Susah Tidur

Kafein yang terdapat dalam kopi memang bisa diteruskan ke dalam ASI, namun zat yang diteruskan adalah hasil metabolisme yang telah dipecah, sehingga tidak akan menimbulkan efek signifikan terhadap bayi, apalagi sampai membuat bayi susah tidur. Tapi sebaiknya ibu hamil dan menyusui memang tidak berlebihan dalam mengonsumsi kopi, hal ini karena ibu membutuhkan waktu tidur yang berkualitas untuk menyusui si kecil.

Minum Kopi Membuat Bayi Susah Tidur