Fashion item yang berbahaya untuk kesehatan
Hasrat ingin tampil modis membuat sebagian orang mengesampingkan efek penggunaan fashion item tertentu terhadap kesehatan. Padahal ada syarat utama yang jauh lebih penting saat memilih fashion item, yaitu nyaman dan aman.

Mau Modis Malah Sakit, Ini 6 Fashion Item yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Nah coba dicek deh apakah fashion item yang sering Moms gunakan termasuk dalam salah satu fashion item yang dapat mengganggu kesehatan ini?

1. Skinny jeans
Penggunaan baju dan skinny jeans (celana ketat) dapat membuat Moms terlihat lebih langsing dan tinggi. Namun, ada beberapa risiko kesehatan yang mengintai jika sering mengenakan celana ketat ini, diantaranya: 

  • Jika Moms sering mengalami nyeri ulu hati akibat peningkatan produksi asam lambung, celana ketat dapat mengurangi keleluasan lambung, sehingga memperparah keluhan tersebut.
  • Penggunaan celana ketat dapat mengganggu aktivitas berjalan, duduk, dan membungkuk. Jika dikenakan terlalu lama dan terlalu sering dapat memperparah nyeri punggung.
Mau Modis Malah Sakit, Ini 6 Fashion Item yang Berbahaya Bagi Kesehatan
source: https://cewekbanget.grid.id/read/06960937/4-tren-fashion-item-berikut-ternyata-berbahaya-untuk-kesehatan?page=all
  • Penggunaan celana ketat dapat menyebabkan terjadinya gesekan antaran kulit dan pakaian. Ini berkontribusi terhadap terjadinya peradangan pada folikel rambut (folikulitis).
  • Penggunaan celana ketat dapat menyebabkan meralgia paraesthetica. Kondisi ini terjadi saat saraf tertekan atau mengalami iritasi sehingga bagian paha terasa nyeri dan mati rasa.
  • Sebuah penelitian menyatakan, penggunaan celana ketat mungkin dapat menyebabkan dispermia. Dispermia merupakan tidak normalnya jumlah dan bentuk sperma akibat testis yang terlalu panas.
  • Jika sesekali Moms ingin mengenakan pakaian yang ketat, pilihlah pakaian berbahan katun karena dapat menyerap keringat. Selain itu, segera ganti pakaian ketat Moms dengan pakaian yang lebih longgar saat tiba di rumah.
baca juga

2. Corset
Penggunaan corset memang akan membuat tubuh terlihat langsing dan ramping, tentunya hal ini akan menunjang penampilan Moms ya? Tapi tahukah Moms jika corset digunakan untuk pakaian sehari-hari akan membuat Moms lebih susah untuk bernapas, pemakaian corset jangka panjang juga bisa mengubah struktur tulang Moms lho. Wah, bahaya juga ya, Moms. Jangan sampai hanya karena ingin terlihat ramping mempengaruhi kesehatan tubuh Moms.

Mau Modis Malah Sakit, Ini 6 Fashion Item yang Berbahaya Bagi Kesehatan
source: https://www.thecorsetcenter.com/corset-tops/

3. Statement earring 
Menggunakan aksesoris memang membuat penampilan Moms akan semakin stylish. Namun, penggunaan aksesoris yang terlalu besar dan berat ternyata dapat mengganggu kesehatan Moms, lho. Salah satunya penggunaan statement earring ini. Jika digunakan terus menerus, dapat menyebabkan rusaknya lubang tindikan dan membuat perubahan pada bentuk telinga Moms.

4. Hak sepatu terlalu tinggi
Sepatu hak tinggi (high heels) memang membuat kaki terlihat lebih jenjang, tetapi penggunaan sepatu ini secara terus-menerus, berisiko menyebabkan kondisi-kondisi berikut ini: 

  • Penggunaan sepatu hak tinggi terlalu sering dapat menyebabkan terjadinya bunion, yaitu kondisi tulang menonjol pada sendi bagian bawah ibu jari kaki.
  • Penggunaan sepatu hak tinggi bisa menyebabkan kuku tumbuh ke dalam atau cantengan. Juga bisa menyebabkan terjadinya kapalan pada jari kaki.
  • Ketidakseimbangan saat mengenakan sepatu hak tinggi berisiko menyebabkan keseleo, ligamen robek, dan keretakan tulang.
Mau Modis Malah Sakit, Ini 6 Fashion Item yang Berbahaya Bagi Kesehatan
source: https://m.liputan6.com/health/read/2908102/skinny-jeans-dan-3-fashion-item-yang-menyiksa-kesehatan-wanita

5. Topi
Penggunaan topi terus menerus  pada saat cuaca panas ternyata menjadi tempat yang disukai jamur dan bakteri tumbuh lho, Moms. Karena lembab dan kotor. Topi yang biasanya Moms gunakan saat cuaca yang panas akan menyerap keringat di kepala yang jika terus dibiarkan bisa menyebabkan bau yang tidak sedap dan kuman-kuman pemicu kesehatan.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Moms memiliki beberapa topi untuk menggunakannya berganti-ganti dan segera dicuci ketika topi sudah lembab karena keringat.

baca juga

6. Oversized bag
Membawa tas tangan besar menjadi pilihan beberapa Moms, karena selain efisien, tas besar juga dapat menunjang outfit Moms yang simple. Namun, tahukah Moms jika membawa tas tangan besar berisi banyak item di dalamnya dapat memgganggu kesehatan? Hal ini karena tas yang besar akan menekan salah satu sisi tubuh Moms, sehingga dapat membuat postur tubuh Moms menjadi bungkuk. Jika Moms membawa barang banyak, lebih baik gunakan tas ransel yang memiliki bantalan yang nyaman sehingga pundak tidak terasa sakit dan tetap terlihat stylish.

Mau Modis Malah Sakit, Ini 6 Fashion Item yang Berbahaya Bagi Kesehatan
source: https://www.notonthehighstreet.com/frenchgreyinteriors/product/oversized-bag

Berikut tadi fashion item yang berbahaya untuk kesehatan jika penggunaannya tidak tepat. Mulai sekarang lebih bijak dalam memilih fashion item yang baik untuk kesehatan. Jangan sampai korbankan kesehatan demi fashion terkini ya, Moms!