Si Kecil Sering Terjatuh? Ini Tips Menangani Luka Agar Cepat Kering

Cara Merawat Luka dengan Benar

Saat anak terluka pasti moms langsung khawatir kan? Namun bila hanya luka ringan atau lecet sebenarnya tidak langsung pertolongan dari dokter ya moms. Cukup dengan beberapa langkah perawatan luka yang akan benar maka luka akan sembuh seperti sedia kala.

Untuk perawatan luka langkah pertama yang harus dilakukan adalah cuci bagian luka terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan, untuk menghindari infeksi. Dan bila pendarahan pada luka ringan tidak berhenti, moms cukup memberikan tekanan lembut pada luka dengan kain yang bersih agar darah dan kotoran yang menyangkut bisa keluar. Jika masih ada kotoran atau benda yang tertancap pada luka maka gunakan pinset steril.

Lalu, oleskan krim atau salep antibiotik untuk membantu menjaga permukaan kulit tetap lembap dan mencegah infeksi sehingga proses penyembuhan luka dapat berjalan dengan baik. Namun bila terjadi ruam pada kulit, segera hentikan penggunan salep. Setelah itu tinggal perban luka untuk menjaganya tetap bersih dan terhindar dari bakteri.

Sebagaimana pendapat dr. Adisaputra Ramadhinara bahwa kondisi luka itu sebaiknya lembap dan tidak dibiarkan terbuka karena bakteri akan bebas masuk dan mengontaminasi luka. Namun bila luka atau goresannya kecil, tidak perlu diperban.

Si Kecil Sering Terjatuh? Ini Tips Menangani Luka Agar Cepat Kering

Makanan Untuk Mempercepat Kesembuhan Luka

Bukan hanya perawatan luka yang benar ya moms, tapi konsumsi makanan yang tepat juga membantu kesembuhan. Karena nutrisi yang baik juga dapat membantu regenerasi jaringan kulit.
Salah satu makanan yang baik untuk luka adalah kedelai. Kedelai dikenal dengan kandung vitamin  A, C, D, E dan K yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, protein dalam kedelai juga baik untuk pembentukan jaringan baru yang rusak saat terluka.

Untuk makanan lain yang bisa menyembuhkan luka adalah dark chocholate. Menurut Contemporary Reviews in Cardiovascular Medicine, dark chocholate bisa menstabilkan tekanan darah sehingga dapat membantu tubuh mendistribusikan oksigen, vitamin, dan nutrisi lainnya ke jaringan-jaringan, terutama bagian yang terluka. Selain itu, kandungan antioksidannya bermanfaat bagi kesehatan kulit serta mencegah infeksi pada luka.

Mengonsumsi brokoli juga baik untuk luka, moms. Zat fitronutrien tinggi dalam brokoli berpengaruh pada kecepatan penyembuhan luka. Dan sebagai sumber antioksidan serta vitamin C yang baik brokoli membantu pemeliharaan luka, penyembuhan infeksi, pembentukan jaringan baru, serta menunjang kekebalan tubuh.

Nah, seperti itulah tadi moms, cara untuk menangani luka agar cepat kering. Ternyata bukan hanya penangan yang tepat namun juga makanan yang tepat ya. Jadi mulai sekarang lebih aware lagi dengan kesehatan keluarga. So keep healthy and happy, moms.