Pada dasarnya tapai adalah makanan yang diperoleh dari hasil fermentasi berbahan karbohidrat menggunakan mikroorganisme yang disebut ragi. Adapun 2 jenis tapai yang sudah dikenal, yaitu tapai ketan dan tapai singkong.

Dokter Umum dan Pemerhati Kesehatan Ibu & Anak, dr. Annisa Oktantiani, MPH, mengungkapkan kalau ibu hamil memakan tapai rahimnya tidak akan menjadi panas. Dilansir dari HaiBunda, ia menuturkan jika, "Makan tapai aman untuk ibu hamil, jadi enggak akan menyebabkan rahim panas, mitos itu." 

Mitos Atau Fakta, Makan Tapai Saat Hamil Bikin Rahim Panas?

Namun di samping dari tak adanya resiko bagi rahim, tapai merupakan makanan fermentasi yang mengandung gas tinggi. Hal tersebut yang membuat ibu hamil tetap perlu menjaga takaran konsumsi tapai.

"Ya paling itu kan bergas, jadi takutnya mengangu pencernaan. Kalau pergerakan ususnya bertambah takutnya nanti bisa diare, diare pada ibu hamil kan bisa lebih bermasalah," tutur dr. Annisa.

So, secara umum tidak akan berdampak apa-apa pada janin jika moms memakan tapai. Tapi, tetap ya moms harus mengkonsumsinya dengan sewajarnya dan jangan berlebihan. 

"Enggak berefek ke janinnya, tapi lebih ke pencernaan ibunya. Jadi makan boleh, enggak makan enggak apa-apa juga. Sebenarnya itu bukan pantangan banget sih," 

Mitos Atau Fakta, Makan Tapai Saat Hamil Bikin Rahim Panas?

Ungkapan dr. Annisa pun didukung dengan penelitian terkait kandungan alkohol yang terdapat dalam tape. Meski sedikit tetap saja tapai memberikan resiko atau efek negatif bagi janin, seperti:

1. Meningkatkan risiko penyakit kuning
Ketika ibu hamil mengkonsumsi alkohol, janin dalam kandungan beresiko terkena penyakit kuning. Saat moms memakan tape, maka zat nutrisi yang ada di dalam tape juga akan masuk ke tubuh janin lewat plasenta. 
2. Kegagalan fungi hati
3. Menyebabkan Attention Deficit Hyperactive Disorder (ADHD)
ADHD adalah salah satu kelainan pada janin yang menyebabkan bayi saat dilahirkan dan tumbuh besar, ia akan mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi. Hal ini menjadikan anak hiperaktif dan tak bisa fokus ketika ia besar nanti. 
4. Kecacatan fisik
5. Mual dan muntah

So, tetap berhati-hati ya moms!