Setelah Seharian Sekolah, Perlukah Les Tambahan Untuk Anak?

Les Tambahan, Apakah Perlu?

Menjelang usia 5 tahun, banyak anak yang sudah dikenalkan dengan sistem sekolah. Dan karena orang tua takut anaknya ketinggalan dibanding teman sebayanya atau bahkan tidak dapat masuk SD karena tidak bisa membaca, akhirnya mengirim anak untuk mengikuti les tambahan di luar jam sekolah.

Dengan melihat fakta tersebut, pentingkah les tambahan? Menurut seorang pakar psikologi anak, Dra. Adriani Purbo Psi, MBA mengatakan, jika mewajibkan anak usia Taman Kanak-kanak mampu menguasai keterampilan membaca dan menulis sama halnya dengan memaksakan anak untuk memiliki kemampuan yang seharusnya diajarkan di Sekolah Dasar.

Padahal, memaksa anak di usia ini untuk mengikuti les tambahan dikhawatirkan dapat mengurangi aktifitas bermain. Karena sesungguhnya dengan bermain anak akan mempelajari banyak hal dan berkembang secara optimal. Maka dari itu penting untuk perhatikan usia anak dan mengenali kemampuan anak sebelum memilih memberikan les.

Karena itu, sebaik apapun les tambahan untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami anak namun harus dengan beberapa pertimbangan ya moms agar hasilnya tidak sia-sia.

Setelah Seharian Sekolah, Perlukah Les Tambahan Untuk Anak?

Les Tambahan Untuk Menghadapi Ujian

Jika beberapa SD telah menerapkan les tambahan untuk muridnya, apalagi anak SMP dan SMA yang materinya lebih luas dan untuk membantu ke tahap pendidikan selanjutnya. Maka dari itu wajar rasanya bila untuk beberapa anak SMP dan SMA memilih les tambahan untuk menghadapi ujian, hal ini bertujuan untuk lebih mandiri pada ujian akhir.

Tapi, perlu menjadi catatan ya moms jika anak benar-benar membutuhkan les tambahan, pilihlah waktu yang tepat sehingga tak terlalu lelah dan cukup istirahat. Selain itu, pilih les sesuai kebutuhan anak dan diskusikan bersama anak agar buah hati tidak merasa terbebani.

Itulah tadi ulasan mengenai penting tidaknya les tambahan bagi anak ya moms. Dan semua itu kembali pada kebutuhanan anak sendiri. Semoga menginspirasi dan menambah wawasan baru.