Setelah si kecil berhasil dilahirkan dengan selamat. Selanjutnya adalah memastikan si kecil memiliki tumbuh kembang yang baik. Salah satu yang bisa mewujudkannya adalah pemberian ASI eksklusif yang telah moms rencanakan. Untuk memastikan semuanya berjalan dengan lancar, Anda perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang menyusui. Jika terjadi permasalahan yang dapat mengganggu jalannya menyusui, temukan solusi yang tepat moms. Berikut persoalan dan solusi yang bisa moms lakukan jika proses menyusui terhambat.

Tersumbatnya Saluran ASI

Selama proses menyusui sebagian besar moms pernah mengalami saluran ASI tersumbat. Biasanya terjadi pada salah satu sisi payudara. Hal ini terjadi karena payudara tidak dikosongkan atau memang produksi ASI berlimpah. Selain itu, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh stres dan kelelahan yang moms alami. Ketika saluran ASI tersumbat bisanya moms akan merasakan nyeri pada bagian payudara. Si kecil pun akan menolak jika diberi payudara tersebut. Kadang juga moms akan merasakan sensasi panas, dan ketika diraba terdapat benjolan keras pada payudara.

Tersumbatnya Saluran ASI
Jika hal ini terjadi Anda tak perlu panik. Moms bisa mulai menarik nafas dan buat diri serileks mungkin. Selanjutnya coba kompres dengan air hangat, dilanjutkan dengan memijat. Agar sumbatan terbuka dan moms bisa menyusui si kecil. Jangan lupa setelah menyusui kosongkan ASI. Mengingat rasa nyeri pada payudara yang moms rasakan, kegiatan memompa ASI lebih direkomendasikan ya!
baca juga

Payudara Moms Mengalami Pembengkakan

Ketika produksi ASI berlebih, payudara moms bisa mengalami pembengkakan. Payudara akan terasa keras dan bengkak. Tak jarang kondisi ini membuat si kecil kesulitan menyusu. Bengkaknya payudara atau yang disebut juga breast engorgement ini dapat dirawat di rumah, moms. Jadi moms tak perlu bingung dan membawanya ke rumah sakit. Hal yang bisa moms lakukan saat mengalami ini antara lain:

Payudara Moms Mengalami Pembengkakan
  • Mengompres payudara dengan air hangat sebelum menyusui agar ASI lebih lancar. Kompresan air hangat dilakukan dengan catatan pembengkakan belum terjadi terlalu parah. Cirinya ASI masih bisa keluar meski ada rasa nyeri pada payudara. Setelah itu, jika nyeri tak tertahankan moms juga dapat mengompres dengan air es. Hal ini bisa kurangi pembengkakan.
  • Saat memerah ASI lakukan dengan tangan ya moms. Karena kegitan ini membantu bagian aerola lebih lembut dibandingkan dengan pompa ASI
  • Jangan pernah lewatkan jadwal menyusui. Stimulasi atau sedotan si kecil sangat diperlukan agar kondisi moms membaik.
  • Moms bisa juga memberikan pemijatan pada payudara Anda. Lakukan dengan lembut sehingga moms pun merasa lebih rileks
  • Jika payudara sudah membengkak hindari menggunakan bra berkawat ya moms, ini bisa memperparah.
     

Ukuran Payudara Buat Bayi Sulit Menyusu

Memiliki payudara yang besar saat menyusui bisa sebabkan bayi kesulitan menyusui. Biasanya ketika ukurannya besar, Anda pun memiliki puting susu yang juga besar. Kondisi ini akan menyulitkan bayi melakukan perlekatan. Jika ini terjadi moms bisa menggunakan isapan pompa payudara, sehingga puting lebih panjang dan tipis. Lakukan ini sebelum menyusui, sehingga memudahkan bayi untuk menyusu.

Namun jika puting moms terlalu kecil atau datar, Anda bisa memompa payudara terlebih dahulu sebelum proses menyusu. Pompa selama satu sampai dua menit. Selanjutnya moms bisa gunakan nipple shiled atau perisai puting. Sehingga bentuk puting lebih kecil dan panjang. Jika tidak ada perubahan moms bisa konsultasikan ke dokter.

Ukuran Payudara Buat Bayi Sulit Menyusu
baca juga

Puting Susu Terinfeksi Jamur

Puting moms juga memiliki resiko terinfeksi jamur. Infeksi jamur atau yang disebut thrush terjadi disebabkan oleh organisme candida albicans. Infeksi bisa berkembang pada payudara ibu dan mulut si kecil. Sebenarnya jamur ini normal berada pada pencernaan kita, namun jika tumbuh secara berlebihan bisa akibatkan terjadinya infeksi. Jamur tumbuh karena proses menyusui yang membuat payudara moms lembab, hangat dan manis. Infeksi juga dapat terjadi karena ibu mengonsumsi antibiotik. Mengonsumsi antibiotik membunuh bakteri, termasuk bakteri baik yang ada di rongga mulut si kecil.

Puting Susu Terinfeksi Jamur

Saat puting terinfeksi biasanya moms merasakan gatal pada puting hingga nyeri, terutama saat menyusui. Segera konsultasi ke dokter ketika moms merasakan hal ini. Biasanya dokter akan memberikan krim anti jamur yang dapat dioleskan pada puting moms. Jangan lupa bersihkan puting terlebih dahulu sebelum si kecil menyusu ya moms. Cuci dan sterilkan semua mainan, dot, dan pompa ASI dalam air mendidih selam 20 menit. Ini berguna agar Anda dan si kecil tidak terinfeksi lagi.