Kismis terbuat dari anggur yang dimasak dengan gula lalu dikeringkan. Dalam keadaan segar, anggur sangat baik dikonsumsi karena mengandung banyak antioksidan, tapi bagaimana jika dalam keadaan kering dan sudah disebut dengan nama kismis?

Manfaat Kismis untuk Ibu Hamil

Manfaat Kismis untuk Ibu Hamil

Kandungan nutrisi kismis nggak bisa diragukan lagi. Kismis mengandung filamen yang memberikan dampak pencahar pada perut dan mengurangi sembelit. Buah kering juga bisa membuang racun dan sampah dalam tubuh. Kandungan vitamin B kompleks dan zat besi dalam kismis mampu meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Kismis juga memiliki kandungan zat anti radikal bebas yang menyebabkan tumor dan tumor usus. Agen pencegahan ini diberi nama cateching.

Selain dapat mencegah gangguan anemia, zat besi yang terkandung dalam kismis sangat baik untuk memperlancar peredaran darah. Lancarnya peredaran darah ini pada akhirnya akan memperlancar suplai darah dan oksigen ke tubuh serta janin dan mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

Buah kering masih jadi pilihan camilan baik jika dibanding soda, es krim, permen, keripik kentang, atau keripik singkong. Karena kaya kalori dan serat, kismis baik dimakan untuk sarapan karena mampu memenuhi kebutuhan energi di pagi hari.

baca juga

Bahaya Konsumsi Kismis Berlebihan Saat Hamil

Bahaya Konsumsi Kismis Berlebihan Saat Hamil

Karena kismis ternyata memiliki lebih banyak kalori berasal dari gula dibanding buah anggur segar. Kismis tidak memiliki fungsi menghidrasi tubuh, karena cairannya sudah dibuang habis. Meskipun kismis memiliki nilai gizi tinggi dan memberikan manfaat kesehatan, mengonsumsinya secara berlebihan dapat memicu timbulnya beragam risiko. Kismis dapat meningkatkan kadar gula darah, dan karenanya menyebabkan diabetes gestasional. Kismis juga dapat menyebabkan obesitas pada bayi yang membuat persalinan menjadi sulit dan menghasilkan operasi caesar. Dan kemungkinan Moms dan bayi terkena diabetes tipe 2.

Aturan Konsumsi Kismis Saat Hamil

Aturan Konsumsi Kismis Saat Hamil

Jangan sampai mengonsumsi secara berlebihan. Jika ibu hamil membutuhkan informasi terkait dengan makanan dan nutrisi apa saja yang direkomendasikan, Moms bisa mengunjungi dokter atau bidan ya.