Bukan jadi rahasia lagi bahwa buah bit menjadi salah satu tanaman umbi-umbian yang banyak manfaatnya. Kandungannya juga baik untuk moms yang sedang hamil. Namun sebelum mengonsumsi moms wajib tahu batasannya ya. Meski kaya akan nutrisi mengonsumsi buah bit saat hamil juga ada resikonya lho moms. Yuk kenali manfaat dan resiko konsumsi buah bit saat hamil!

Manfaat Buah Bit Dikonsumsi Saat Hamil

  • Kaya akan vitamin A, B, zat besi, protein, karbohidrat buah bit baik untuk kesehatan tubuh moms. Selain itu juga berguna memurnikan darah sehingga mengurangi resiko cacat lahir pada janin.
  • Buah bit berkhasiat untuk menjaga kekebalan tubuh moms selama hamil. Hal ini karena kandungan vitamin C nya yang cukup tinggi dan anti-okisdan pada buah bit. Beberapa penelitian bahkan mengatakan ibu hamil yang mengonsumsi buah bit lebih sehat dan kuat saat melewati persalinan.
  • Kandungan zat besi pada buah ini buat moms terhindar dari anemia. Sehingga keluhan pusing, sesak napas, karena kadar hemoglobin moms rendah akan teratasi hanya degan jus buah bit.
  • Rajin mengonsumsi buah bit dengan porsi pas, membuat tumbuh kembang janin maksimal. Kandungan kalsium yang tinggi pada buah bit membantu meningkatkan pertumbuhan tulang janin.
  • Glikemik rendah pada buah bit bermanfaat menstabilkan gula darah saat hamil
Manfaat Buah Bit Dikonsumsi Saat Hamil
baca juga

Resiko Konsumsi Buah Bit Berlebihan

  • Mengandung senyawa oksalat buah bit berbahaya untuk moms yang memiliki riwayat penyakit ginjal. Hal ini karena senyawa tersebut bisa memicu tumbuhnya batu ginjal yang membahayakan moms dan janin.
  • Buah bit juga beresiko meningkatkan rasa mual, muntah, diare bahkan gastrointestinal. Hal ini karena kandungan betaine pada buah bit.
  •  Warnanya yang merah pekat juga akan membuat urine dan fases moms menjadi merah. Hal ini aman jika terjadi kurang dari 48 jam. Namun lebih dari itu moms wajib konsultasi ke dokter.
  • Konsumsi buah bit berlebihan membahayakan moms dan janin. Kehadiran nitrat di dalamnya buat moms mudah lelah.
Resiko Konsumsi Buah Bit Berlebihan

Aturan Konsumsi Buah Bit

Segudang manfaat pada buah bit tentu memebuat moms tak sabar menghabiskan segelas jus buah ini ya. Tapi jangan terburu-buru mengonsumsinya moms. Memiliki rangkaian resiko, moms wajib mengenali kondisi  tubuh moms sebelum mengonsumsinya. Jika moms dalam keadaan sehat dan ingin mengonsumsi buah bit, jangan lupa cuci buah bit secara bersih ya moms. Buah bit bisa dikonsumsi dengan cara di jus ataupun dipanggang layaknya ubi.

Aturan Konsumsi Buah Bit

Selingi juga dengan makanan bergizi lainnya. Hindari mengonsumsi buah bit secara berlebihan. Jika perlu moms konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsinya. Seperti kita ketahui kondisi ibu hamil sangat berbeda dengan mereka yang tidak hamil. Ada saja yang dirasakan saat moms tengah berbadan dua.