Nasi Liwet Wongso Lemu

Kuliner khas Solo yang pertama adalah nasi liwet. Yang perlu Moms tahu, nasi liwet yang terkenal di Solo adalah nasi liwet Wongso Lemu. Nasi Liwet Wongso Lemu ini berada di jalan Teuku Umar, Keprabon, Solo. Nasi liwet adalah makanan yang dimasak dengan santan ditambahkan dengan sayur labu, ayam dan telur. Nah, nasi liwet wongso lemu ini sudah tidak diragukan lagi, Moms, karena rasanya sudah terbukti sejak tahun 1950.

Nasi Liwet Wongso Lemu
source: https://www.goodindonesianfood.com/

Gudeg Ceker Bu Kasno

Eits, ternyata gudeg nggak cuma ada di Jogja, lho. Di Solo juga ada kuliner khas yaitu gudeg. Dan gudeg yang terkenal di Solo adalah Gudeg Ceker Bu Kasno. Gudeh ini berada di Jl. Monginsidi, Margoyudan, Solo. Sejak tahun 1970-an, warung gudeg ini sudah membuat orang rela antri berjam-jam atau bahkan rela menunggu sebelum warung gudeg ini buka. Padahal warung gudeg ini buka mulai pukul 01.00 dini hari. Wah, pasti saking enaknya ya, Moms. Seporsi gudeg terdiri dari nasi gurih, gudeg, ceker ayam kampung, sambal krecek, bersama kuah kaldu dan santannya. 

Gudeg Ceker Bu Kasno
source: https://travelingyuk.com/
baca juga

Serabi Notosuman

Meski banyak serabi di luar sana, tapi serabi notosuman memang berbeda karena sudah melegenda. Serabi ini terletak di Jl Mohammad Yamin No 28, Solo.  Serabi adalah makanan manis yang terbuat dari campuran tepung beras dan santan yang diaduk menjadi adonan serabi kemudian, adonan tersebut dimasak di atas cetakan bulat kecil menggunakan tungku. Disini menyediakan beberapa pilihan varian serabi, yaitu rasa polos dan coklat. 

Serabi Notosuman
source: https://travel.tribunnews.com

Selat Solo Mbak Lies

Selat solo merupakan makanan khas Solo yang mirip dengan salad. Mengapa mirip? Karena selat Solo terdiri dari daging sapi yang diberi kuah manis dan gurih, disajikan dengan kentang goreng dan sayuran rebus. Mirip, kan? Nah, di Solo kuliner selat yang terkenal adalah Selat Solo Mbak Lies. Warung selat Solo ini terletak di Jalan Veteran, gang II no. 42, Serengan, Solo. 

Selat Solo Mbak Lies
source: https://kumparan.com/
baca juga

Timlo Sastro

Timlo Sastro terletak di Pasar Gedhe Kota Solo. Timlo memang mirip dengan sup, tapi isinya terdiri dari komplit ini isinya terdiri dari potongan ati ampela, telur pindang dan sosis solo dengan kuah yang bening. Warung makan Timlo Sastro ini sudah buka sejak tahun 1952 lho, Moms. Sudah melegendakan dong, Moms.

Timlo Sastro
source: https://makassar.terkini.id/

Nah Moms, itu kuliner khas Solo yang benar-benar melegenda. Jika Moms merencanakan liburan ke Kota Solo, jangan lupa untuk mencatat kuliner-kuliner khas Solo tadi untuk dikunjungi di sana. Pasti akan membuat Moms ingin kembali ke Solo.