Manfaat Mengonsumsi Menu Vegetarian

Resep Italian Non-Meatball Untuk Menu Vegetarian yang Mengenyangkan
source: https://www.cookinglight.com/

Jika Mommy sedang mempertimbangkan untuk menjalani diet vegetarian, ada banyak hal yang seharusnya menambah keyakinanmu pada pola makan ini. Pasalnya, pola makan vegetarian terbukti klinis memberikan efek pada kesehatan jangka panjang. Sebagai contoh, sebuah penelitian menunjukkan bahwa dalam periode lima tahun, mereka yang makan daging cenderung mendapatkan lebih banyak menambah bobot berat badan dibandingkan dengan mereka yang tidak.  Selain itu, asupan makanan vegetarian juga cenderung memiliki kandungan kolesterol lebih rendah daripada non-vegetarian.


Asupan Gizi Menu Vegetarian

Resep Italian Non-Meatball Untuk Menu Vegetarian yang Mengenyangkan
source: https://simple-veganista.com/

Namun, bagaimana dengan asupan gizi lain yang dibutuhkan oleh tubuh? Tenang, diet vegetarian pada dasarnya tidak akan menghalangimu untuk dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan, makanan berbahan dasar nabati terbukti lebih tinggi serat yang dilengkapi dengan karbohidrat kompleks, serta vitamin C dan E. Selain itu, banyak hasil penelitian yang menunjukkan bahwa vegetarian juga memiliki risiko obesitas, hipertensi, dan diabetes atau penyakit kardiovaskular yang lebih rendah.

baca juga


Rekomendasi Resep Italian Non-Meatball

Nah, berikut ini adalah rekomendasi untuk resep masakan vegetarian yang tidak kalah sehat, enak, dan pastinya mengenyangkan.

Bahan-bahan :

  • 2 papan Tempe
  • ½ cup Remah roti gandum
  • ⅓ cup Keju parmesan (bisa menggunakan parmesan vegan)
  • 1 butir Telur 
  • ½ cup Bawang bombay, iris dadu
  • 2 sdt Herba kering khas Italia
  • 2 sdt Pasta Tomat
  • Minyak zaitun
  • Garam dan merica, secukupnya
Resep Italian Non-Meatball Untuk Menu Vegetarian yang Mengenyangkan
source: https://www.fullofplants.com/

Cara membuat :

  1. Tumis bawang bombay yang sudah diiris pada wajan panas dengan menggunakan minyak zaitun.
  2. Siapkan tempe, remah roti, keju, telur, bawang bombay yang sudah ditumis, bumbu dan pasta tomat dalam food processor. Kemudian haluskan hingga semua tercampur rata. Perhatikan tekstur adonan, tambahkan sedikit air jika terlalu kering atau remah roti jika terlalu basah.
  3. Bentuk adonan menjadi bola sesuai dengan selera dan letakkan di atas nampan oven. Jangan lupa untuk menyemprotkan minyak zaitun dan masak selama kurang lebih 15 menit hingga bakso tempe berubah warna menjadi cokelat keemasan.
  4. Untuk menyajikannya, letakkan bakso non-daging di atas spaghetti. Lengkapi juga dengan saus pasta pilihanmu.
Resep Italian Non-Meatball Untuk Menu Vegetarian yang Mengenyangkan
source: https://img.huffingtonpost.com/


Nah, itulah rekomendasi menu vegetarian yang bisa Mommy coba dirumah. Ingat, vegetarian dan vegan memiliki perbedaan di mana vegan tidak makan produk hewani, sementara vegetarian tidak makan daging, tetapi masih mungkin untuk memakan produk yang berasal dari mereka (seperti susu dan telur). Pada dasarnya, tempe dan tahu dapat menjadi bahan dasar utama untuk beragam variasi makanan vegetarian dan vegan. Yang terpenting, jangan takut untuk berinovasi!