Bawang Merah

Jarang Diketahui, Bawang Merah Ternyata Bermanfaat Untuk Ibu Hamil Muda
source: https://www.alodokter.com/selain-gurih-manfaat-bawang-merah-juga-banyak

Siapa yang tak kenal bumbu masak yang satu ini? Ya, selain membuat setiap masakan menjadi lebih lezat, ternyata bawang merah memiliki khasiat yang tak main-main bagi kesehatan lho, Moms. Nutrisi dan vitamin yang terdapat pada bawang merah mentah mampu mengatasi beberapa penyakit terutama bagi ibu yang tengah menjalani kehamilan muda, apa saja itu ya Moms?

1. Mengatasi sembelit
Susah buang air besar adalah permasalahan umum yang terjadi pada ibu hamil. Nah, untuk mengatasinya daripada meminum obat-obatan pencahar yang belum tentu aman dikonsumsi ibu hamil, lebih baik menggunakan si bawang merah ini Moms.

Jarang Diketahui, Bawang Merah Ternyata Bermanfaat Untuk Ibu Hamil Muda
source: https://id.theasianparent.com/pencahar-untuk-ibu-hamil/amp

Bawang merah punya manfaat baik untuk ibu hamil, karena mengandung serat yang dapat menghilangkan racun dan kotoran keras yang melekat di usus, sehingga dapat melancarkan pencernaan.

baca juga

2. Meningkatkan daya tahan tubuh
Siapa sangka dibalik bentuknya yang kecil tersimpan banyak zat gizi di dalam bawang merah. Diantaranya kandungan vitamin yang tinggi seperti vitamin C dan vitamin B6.

Selain itu terdapat kandungan polifenol yang dijadikan sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh ibu hamil dari serangan radikal bebas. Sedangkan vitamin C sangat dibutuhkan ibu hamil. Vitamin C pun merupakan vitamin esensial yang larut dalam air dan dibutuhkan tubuh dalam membuat kolagen. Di mana kolagen dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu dalam penyembuhan luka.

Jarang Diketahui, Bawang Merah Ternyata Bermanfaat Untuk Ibu Hamil Muda
source: https://m.mommyasia.id/9274/article/bolehkah-ibu-hamil-makan-bawang-merah-ketahui-efek-samping-dan-aturan

3. Mengatur gula dan tekanan darah dalam tubuh
Flavonoid dalam bawang merah membantu mengobati banyak penyakit, salah satunya adalah diabetes. Beberapa penelitian juga menunjukkan manfaat bawang merah yang meningkatkan prosuksi insulin dan membantu mengontrol berat badan yang berhubungan dengan diabetes. Sifat tertentu dari bawang merah membantu merangsang sekresi insulin, yang menurunkan respons inflamasi yang terkait dengan diabetes.

Hal ini penting bagi ibu hamil untuk mengoptimalkan kadar gula darah dalam tubuhnya sehingga lebih terkontrol dan mencegah terjadinya diabetes pada kehamilan.

4. Mengeluarkan racun dalam tubuh
Pentingnya bagi ibu hamil mengeluarkan racun atau toksin dari dalam tubuhnya. Agar sistem imunitasnya pun semakin baik dan tidak ada gangguang yang terjadi pada janin saat lahir nanti.

Jarang Diketahui, Bawang Merah Ternyata Bermanfaat Untuk Ibu Hamil Muda
source: https://doktersehat.com/cara-aman-keluarkan-racun-dalam-tubuh/amp/

Bawang merah memiliki asam amino yang terkandung seperti sistein dan metionin. Kandungan tersebut dapat membantu Ibu hamil mengeluarkan racun atau biasa disebut detoksifikasi. Nah, dengan detoksifikasi memakan bawang merah maka membuat banyak cairan tubuh keluar melalui keringat atau urine.

Nah, bagaimana Moms? Siap mengonsumsi bawang merah hari ini?