Ayam bisa diolah menjadi berbagai macam masakan yang melezatkan. Bahkan hampir semua bagian tubuh ayam bisa diolah hingga ke bagian jeroannya. Namun moms harus tahu, ada beberapa bagian ayam yang harus dihindari karena bisa memicu berbagai penyakit yang membahayakan.  

Kepala

Pakan ternak yang diberikan untuk ayam biasanya dicampur dengan bahan kimia yang mengandung logam. Logam tersebut lah yang kemudian menumpuk di bagian kepala, khususnya otak ayam. Tentunya zat kimia yang masuk ke dalam tubuh akibat berlebihan mengonsumsi kepala ayam terlalu banyak akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh moms.

Kepala
baca juga

Kulit

Kulit ayam memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi, sehingga jika dikonsumsi terlalu sering bisa menyebabkan kolesterol hingga obesitas. Pada kulit ayam mengandung hormon, antibiotik, dan toksin yang akan larut bersama dengan lemak kulit. Terlebih saat ini kulit ayam sering diolah dengan cara digoreng, yang membuat kulit ayam tidak bergizi untuk tubuh.

Kulit

Sayap

Sayap saat digoreng dengan tepung memang terasa lezat karena memiliki rasa yang gurih dan renyah. Namun, sayap juga bahaya jika dikonsumsi terlalu sering karena hormon yang disuntikkan pada ayam tersisa di bagian sayap. Jika sayap ayam terlalu sering dikonsumsi, dipercaya bisa menyebabkan tumor.

Sayap
baca juga

Ceker

Ceker memang mengandung manfaat untuk tubuh seperti menguatkan gigi dan melancarkan pencernaan, Akan tetapi, penyuntikkan hormon untuk ayam juga sering dilakukan pada bagian ceker ayam atau zat kimiawi yang berbahaya untuk tubuh jika terlalu sering dikonsumsi, karena bisa memicu penyakit kanker payudara, kanker Rahim, atau tumor kista cokelat.  

Ceker

Jeroan

Jeroan ayam seperti hati ampela atau usus tidak boleh dimakan terlalu sering ya, moms. Bahkan jeroan ayam tersebut sering dijual terpisah dan sangat menggiurkan karena bisa diolah menjadi berbagai macam masakan yang lezat. Namun, terlalu sering mengonsumsi jeroan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit seperti kelebihan kolesterol, asam urat, diare, hingga masalah kulit.
Jeroan

Brutu

Meski brutu atau pantat ayam mengandung kalsium dan zat besi yang bagus untuk menutrisi tubuh, brutu tidak baik jika dikonsumsi terlalu sering, karena brutu bisa menyebabkan kanker. Di dalam brutu mengandung hormone dimana kelenjar getah bening berkumpul. Bakteri pun lebih banyak berkumpul di bagian ini. Selain itu brutu atau pantat ayam mengandung lemak yang sangat tinggi.

Brutu

Leher

Sama halnya dengan brutu, bagian leher ayam menjadi bagian yang membahayakan karena menjadi tempat berkumpulnya bakteri maupun virus. Di bagian leher pun mengandung banyak pembuluh darah dan kelenjar getah bening yang bisa berefek buruk pada kesehatan tubuh.

Leher