Bahan alami yang mudah didapat ini memiliki segudang khasiat untuk mengatasi masalah wajah serta menjadikan wajah Moms tampak cerah dan awet muda. Nah Moms untuk info lengkapnya, yuk kita simak apa saja manfaat tomat untuk kecantikan berikut ini!

1. Mencegah Penuaan Dini

Tomat membantu menghilangkan kerut wajah atau munculnya garis halus yang membuat Moms tampak lebih tua. Tomat mampu menyerap oksigen dan mencegah tanda penuaan dini, menjadikan wajah terlihat lebih muda serta kulit wajah yang sehat. Moms hanya perlu mengolah tomat dengan mengupasnya lalu menghancurkan semua dagingnya kemudian mencampurkannya dengan tepung dan jadikan sebagai masker.

2. Meminimalisir Jerawat

Kandungan vitamin A dan C pada tomat membantu mengurangi jerawat pada wajah. Selain itu zat asam dalam tomat berpengaruh aktif untuk membersihkan jerawat dan noda hitam. Moms bisa mengolahnya dengan menghancurkan tomat. Oleskan pada daerah berjerawat dan biarkan selama 30 menit. Cara lainnya dengan memotong tomat menjadi dua bagian lalu gosokkan potongan tomat ke wajah secara perlahan dengan gerakan melingkar pada kulit Moms selama kurang lebih 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin agar wajah semakin segar.

6 Manfaat Tomat Untuk Kecantikan, Cegah Penuaan Dini Hingga Mencerahkan Wajah

3. Mengecilkan Pori-pori

Pori-pori menjadi masalah kulit wajah yang paling sering ditemukan, dengan tomat Moms bisa membuat meneteskan jus tomat ke dalam 1 sendok makan air dan aplikasikan ke wajah dengan menggunakan kapas lalu diamkan selama 15 menit. Lalukan cara ini dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil pori-pori mengecil seperti yang Moms inginkan.

4. Mengatasi Kulit Berminyak

Tomat secara alami bersifat asam sehingga membantu menyeimbangkan kulit dan menyingkirkan minyak berlebih pada wajah. Untuk atasi kulit berminyak pada wajah, Moms bisa mencampur jus tomat dan mentimun dan mengoleskan pada wajah dengan kapas. Permasalahan kulit berminyak akan teratasi ditambah dengan kandungan mentimun yang menenangkan dan mendinginkan wajah Moms.

5. Memutihkan Wajah
 
Vitamin A yang terkandung pada tomat dapat memudarkan noda hitam di wajah dan kandungan magnesium untuk membuat kulit lebih bercahaya. Moms bisa mengolah tomat dengan cara mencampurnya dengan 1 sendok teh oatmeal yang berfungsi mengelupaskan kulit mati dengan lembut dan yogurt yang membantu bersihkan noda hitam dan meningkatkan warna kulit. Aduk bahan tersebut hingga menjadi seperti pasta, oleskan di wajah kemudian diamkan selama 20 menit.
 
6. Mengobati Kulit yang Terbakar Sinar Matahari 

Sering terpapar sinar matahari dapat membuat kulit Moms menjadi merah dan terbakar. Untuk itu, tomat bisa menjadi obat ampuh mengatasinya. Kandungan lycopene dalam tomat, dapat meredakan efek paparan sinar UV dari matahari. Moms bisa mengaplikasikan jus tomat yang dicampur dengan butter-milk ke area kulit yang terbakar, lalu diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih. Cara ini akan bantu meringankan luka bakar dan membantu menyamarkan belang pada kulit Moms.