Air Garam

Obat alami pertama untuk mengatasi radang tenggorokan adalah air garam. Air garam ampuh dalam meredakan nyeri dan rasa panas dari sakit tenggorokan. Berkumur dengan air garam beberapa kali sehari dapat mengurangi bengkak di tenggorokan dan mencairkan lendir, serta membantu membilas bakteri dan berbagai penyebab iritasi sehingga dapat meringankan rasa sakit saat menelan.

Caranya mudah, Moms cukup mencampur 1 sendok teh garam meja dengan secangkir air hangat. Aduk sampai garam larut dengan air, kemudian kumur selama beberapa detik. Mudah kan, Moms?

Air Garam
source: https://doktersehat.com/

Permen Pelega Tenggorokkan

Obat alami kedua untuk mengatasi radang adalah permen pelega tenggorokan. Permen ini dijual bebas kok Moms dipasaran. Permen pelega tenggorokan mengandung ekstrak menthol, peppermint, atau eucalyptus. Nah, bahan-bahan ini bisa memberikan efek sejuk dan mati rasa sejenak pada jaringan tenggorokan. Bahan-bahan dalam permen pelega tenggorokan tersebut mengandung properti antiperadangan, antibakteri, dan antivirus sehingga cocok dijadikan obat tenggorokan sakit guna mendorong proses penyembuhan. 

Permen Pelega Tenggorokkan
source: https://www.bukalapak.com/
baca juga

Air Perasan Lemon

Air perasaan lemon ampuh juga lho Moms dijadikan obat alami untuk meredakan radang tenggorokan. Air lemon dapat membantu mengempiskan pembengkakan pada jaringan tenggorokan dan menciptakan lingkungan asam yang dapat mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi. Caranya mudah, Moms cukup campurkan 1 sendok teh jus lemon ke dalam secangkir air hangat, dan kumur selama beberapa detik.

Air Perasan Lemon
source: https://bangka.tribunnews.com/

Cuka Apel dan Garam

Obat alami selanjutnya adalah cuka apel dan garam. Cuka apel bersifat asam yang akan melapisi tenggorokan dan membuat virus dan bakteri untuk tidak dapat bertahan hidup lebih lama. Dan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa garam bisa mengurangi bengkak di tenggorokan dan mencairkan lendir.

Caranya campurkan 1 sendok makan cuka apel 2 sendok teh garam yang dilarutkan dalam segelas air hangat. Untuk obat skait tenggorokan alami yang lebih ringan, campurkan masing-masing 1/4 cangkir cuka apel dan 1/4 cangkir madu, kemudian kumur menggunakan ramuan tersebut setiap empat jam.

Cuka Apel dan Garam
source: https://www.fimela.com/
baca juga

Mandi Air Hangat

Cara alami yang terakhir untuk mengobati radang tenggorokan adalah mandi air hangat. Menghirup udara lembap dapat menjadi obat alami sakit tenggorokan lho, Moms. Dengan mandi air hangat dapat meringankan pembengkakan akibat radang tenggorokan, sekaligus juga mengatasi hidung mampet. 

Mandi Air Hangat
source: https://jogja.tribunnews.com/

Nah Moms, itu tadi 5 obat alami untuk mengatasi radang tenggorokan di rumah. Mudah didapat dan dilakukan kan, Moms? Selamat mencoba ya, Moms.