Kenali Perubahan Suhu Tubuh Anak

Penting bagi orang tua untuk mengetahui apa yang harus dilakukan saat demam pada anak terjadi. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengetahui suhu tubuh si kecil saat demam. Nah, berikut ini adalah beberapa kiat untuk mengukur suhu anak:

  • Siapkan termometer. Mommy dapat menggunakan termometer oral standar hingga pemindai arteri temporal yang lebih modern. Nah, penggunaan termometer ini akan sangat membantumu untuk dapat mengetahui perubahan suhu si kecil saat demam.
  • Pemeriksaan suhu tubuh anak paling akurat adalah dengan menggunakan termometer dubur untuk bayi dan balita. Namun, pada anak yang lebih besar, termometer suhu oral merupakan alat yang paling akurat.
Demam Pada Anak, Kapan Harus Khawatir Moms?
source: https://www.mamanatural.com/


Demam Pada Anak yang Tidak Berbahaya

Tidak semua demam perlu untuk dikhawatirkan. Pada dasarnya demam adalah kondisi di mana suhu rubuh seseorang lebih dari 38.0º Celcius. Suhu tubuh normal manusia adalah 37º Celcius. Nah, sebenarnya, suhu tubuh ini juga dapat berubah secara berkala sepanjang hari akibat dari faktor usia, tingkat aktivitas dan penyebab lainnya. Berikut ini adalah ciri-ciri demam yang tidak perlu dikhawatirkan:

  • Demam kurang dari lima hari dengan perilaku anak yang relatif normal, seperti bermain-main dan makan dan minum seperti biasa. Perubahannya mungkin hanya lebih lemas dari biasanya.
  • Suhu hingga 39º Celcius pada anak berusia 3 bulan hingga 3 tahun, atau hingga 39.5º Celcius pada anak yang lebih tua. Temperatur ini dapat dikatakan biasa dan tidak selalu mengkhawatirkan.
  • Demam ringan jika bayi baru saja diimunisasi. Kondisi ini bisa dikatakan normal jika berlangsung kurang dari 48 jam.
Demam Pada Anak, Kapan Harus Khawatir Moms?
source: https://raisingchildren.net.au/
baca juga


Demam Pada Anak yang Harus Ditangani Serius

Meskipun memang kebanyakan demam adalah kondisi yang wajar terjadi, ada pula beberapa kondisi yang harus diantisipasi dan diwaspadai seputar demam pada anak-anak. Berikut ini adalah beberapa ciri demam yang harus segera ditangani lebih lanjut jika terjadi pada bayi, balita, dan anak-anak:

  • Bayi berusia di bawah 3 bulan mengalami demam. Demam ini dapat terjadi sebagai reaksi terhadap penyakit serius.
  • Demam anak berlangsung lebih dari lima hari. Jika ini terjadi, Mommy perlu memeriksakan si kecil lebih lanjut untuk tahu penyebabnya.
  • Demam anak yang lebih tinggi dari 40º Celcius.
  • Demam anak yang tidak turun setelah diberikan obat penurun demam.
  • Anak mengalami perubahan perilaku, seperti sulit untuk bangun, bayi tidak mengompol, anak yang lebih besar yang tidak buang air kecil selama delapan hingga 12 jam di maan kondisi ini dapat menjadi tanda dehidrasi yang berbahaya.
  • Setelah diimunisasi, demam anak mencapai 39º Celcius selama lebih dari 48 jam.
  • Demam disertai kejang.
Demam Pada Anak, Kapan Harus Khawatir Moms?
source: https://www.babycenter.com/


Demam Anak Disertai Kejang

Kejang adalah efek samping yang sangat menakutkan dari demam yang terjadi pada beberapa anak. "Kejang demam" terjadi pada sekitar 2 hingga 4% anak di bawah usia 5 tahun. Namun, pahami bahwa tidak semua kejang menyebabkan gerakan menyentak dan kaku pada tubuh. Beberapa kejang terlihat seperti pingsan. Nah, berikut ini adalah beberapa tindakan yang harus dilakukan saat anak mengalami kejang:

  • Tempatkan anak di lokasi yang aman, jauh dari benda tajam berbahaya dan tidak ada risiko jatuh dan tertimpa sesuatu.
  • Jangan memasukkan apa pun ke mulut anak.
  • Hubungi IGD jika kejang berlangsung lebih dari lima menit.
  • Jika kejang berlangsung kurang dari lima menit, hubungi dokter atau dapatkan bantuan medis segera.
Demam Pada Anak, Kapan Harus Khawatir Moms?
source: https://www.babycenter.com/


Itulah beberapa hal penting seputar demam pada anak. Jika anakmu mengalami demam yang berulang dan seorang dokter anak tidak dapat menemukan penyebabnya, cobalah untuk mengkonsultasikan ini ke dokter spesialis. Seorang ahli penyakit menular anak atau rheumatologist pediatrik mungkin dapat memeriksa masalah ini lebih lanjut.