Tips Mencegah Gigi Berlubang Pada Anak

Memiliki gigi yang rapi adalah suatu kebanggan tersendiri bagi kita moms. Namun memiliki gigi yang sehat adalah kebutuhan kita. Maka tentunya banyak sekali yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Apalagi bagi si kecil yang rentan memiliki gigi berlubang. Nah moms berikut beberapa cara agar gigi anak terhindar dari kuman yang membuat gigi berlubang!

Tips Mencegah Gigi Berlubang Pada Anak

Menyikat Gigi Teratur

Sebagaimana pepatah mengatakan bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati. Maka mencegah terjadinya gigi berlubang akibat kuman lebih baik daripada terlanjur berlubang. Salah satu cara yang tepat adalah dengan menyikat gigi teratur. Biasakan si kecil untuk menyikat gigi setiap hari moms. Selain membuatnya terjaga dari gigi berlubang, moms juga mengajarkan kebiasaan pada si kecil yang dapat berpengaruh saat dia besar. Menyikat gigi secara teratur otomatis menjadikan gigi terjaga kebersihannya. 

Menyikat Gigi Teratur

Adapun yang perlu diperhatikan yaitu pada usia 2-6 tahun, tidak perlu memberikan pasta gigi pada sikat anak, jika perlu pasta gigi maka berikan sebesar biji kacang. Pastikan anak mampu berkumur agar pasta gigi tersebut tidak tertelan karena dapat mengakibatkan penyakit. Dan jika si kecil belum mampu menyikat gigi, maka moms perlu membantunya agar gusinya tidak tertusuk sikat gigi.

baca juga

Memperhatikan Makanan Anak

Makanan merupakan salah satu penyebab terjadinya gigi berlubang. Tentunya sangat mempengaruhi kesehatan gigi anak moms. Makanan dan minuman yang mengandung gula memicu bakteri untuk menghasilkan asam dari gula itu. Asam ini kemudian mengikis mineral pada permukaan gigi. Walaupun saliva dapat melawan asam, tetapi jika terlalu banyak asam yang dihasilkan oleh bakteri, saliva tidak mampu untuk menanggulanginya.

Adapun beberapa makanan yang mengandung gula adalah cokelat, cake atau biskuit, sirup, kue manis, puding, sereal, selai, madu dan sebagainya.

Rutin Memeriksakan ke Dokter

Untuk menjaga kesehatan gigi, pastikan moms memeriksakan gigi anak minimal satu tahun sekali moms. Selain untuk mengetahui kondisi serta keadaan mulut dan gigi, moms juga bisa mengetahui perkembangan gigi si kecil. 

Rutin Memeriksakan ke Dokter